Find Us On Social Media :

Jangan Abaikan Angin Sihir, Angin Jahat Penyebab Depresi, Keberingasan, HIngga Bunuh Diri, Ini Cara Menyingkirkannya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 November 2018 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com – Jangan abaikan debu di sekitar kita. Kendati ruangan atau mobil ber-AC, debu tetap ada, dan tetap berbahaya. Penggunaan penyedot debu memang bisa mengurangi, tetapi tidak menghilangkan sama sekali.

Alat itu tak bisa bekerja terus-menerus, dan membersihkannya pun tidak total. Simak tulisan Rober M. Erwinn, seperti dimuat di Majalah Intisari edisi Februari 1998.

Walau penyedot debu konvensional ada yang mengklaim bisa membersihkan hingga 99,97% partikel kotor, batas kemampuan penyedotan biasanya hanya sampai benda ukuran 0,3 mikron.

Artinya, alat ini tak sanggup menyedot serbuk sari dan spora jamur yang berukuran lebih kecil daripada itu.

Baca Juga : Patut Dicontoh! Siswa SMP Ini Tergila-gila Pada Vacum Cleaner dan Menjadikannya Bisnis Sejak Lulus SD

Ketombe hewan, alergen kutu debu, bakteri dan virus, endapan asap rokok, serta serpihan serat kaca ukuran mini juga tak bisa terisap.

Ada pula alat yang cara kerjanya meredam debu dengan medan elektrostatik. Meski kemampuan penyedotannya lebih rendah, rata-rata 50%, alat jenis ini berdampak positif bagi tubuh manusia karena membangkitkan ion negatif.

Ada penyaring udara mutakhir buatan AS yang memberi jaminan dapat menjaring partikel dan kontaminan berukuran di bawah 0,3 mikron. Sayang, harganya masih mahal, berkisar Rp 1,5 - Rp 3 juta. Itu pun hanya mampu menyaring udara dalam ruangan ukuran 6 x 7 m2.

Cara lain yang cukup sering dilakukan orang, yakni menggunakan kipas angin sistem sedot-buang (exhaust fan). Sekalipun tak jelas berapa mikron batas ukuran benda yang bisa disedot, alat ini bisa menyegarkan ruangan serta mengurangi debu-debu beterbangan.

Baca Juga : Seniman China Ini Membuat Batu Bata dari Asap Beijing yang Dikumpulkan Menggunakan Vacum Cleaner

Penyaring udara elektrostatik

Pemakaian penyaring udara dengan alat pembangkit ion negatif banyak dilakukan pengelola kantor, apartemen, rumah sakit, dan restoran.

Pelbagai jenis dan merek yang beredar di pasar, dengan harga yang relatif terjangkau. Keterangan standar yang dituliskan pada setiap kemasannya adalah: membersihkan udara, menciptakan rasa segar, dan suasana rileks.