Find Us On Social Media :

Berbahagialah Pecinta Kopi, Penelitian Sebut Minum 4 Cangkir Kopi Sehari Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini

By Ade Sulaeman, Senin, 28 Agustus 2017 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com – Ada banyak penelitian tentang kopi. Tentang berapa banyak yang harus dikonsumsi seseorang sampai manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Hasil penelitiannya antara lain kopi dapat memperbaiki fungsi hati, mengurangi peradangan, dan meningkat sistem kekebalan tubuh.

Kali ini, sebuah penelitian menunjukkan hal positif lagi dari mengonsumsi kopi.

Dilansir dari telegraph.co.uk, penelitian Spanyol ini melibatkan 19.986 orang, antara usia 25 sampau 60, dengan rata-rata usia 37 tahun, selama 14 tahun.

Pada awal penelitian, semua orang memberikan informasi rinci tentang kebiasaan makan mereka, termasuk konsumsi kopi, gaya hidup, dan riwayat kesehatan.

Periset dari Rumah Sakit de Navarra kemudian memeriksa tingkat kematian dalam kelompok tersebut, dengan total 337 peserta meninggal selama periode tersebut.

Ternyata, mereka yang minum kopi secara teratur memiliki tingkat kematian terendah, dengan hubungan terkuat yang ditemukan di antara peserta yang lebih tua.

Penulis utama penelitian, Dr. Adela Navarro mengatakan bahwa dia percaya antioksidan dalam kopi, yang datang dalam bentuk polifenol, yang menyebabkan pengaruhnya.

“Saya sarankan minum kopi banyak. Itu bisa baik untuk jantung kita. Aku pikir sebaiknya kita minum sekitar 4 cangkir kopi,” jelas Dr. Adela.

“Saya pikir itu karena polifenol. Mereka memiliki efek anti-inflamasi.”

Setiap tambahan dua cangkor kopi dikaitkan dengan penurunan angka kematian 22%. Meningkat menjadi 30% di antara pasien yang lebih tua.

Sementara mereka yang minum empat cangkir memiliki risiko kematian 64% lebih rendah, dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi kopi.

Namun perlu diingatkan bahwa penelitian ini tidak menetapkan batas atas konsumsi kopi dan tidak juga memberikan saran meminum kopi dalam jumlah yang sangat banyak.