Find Us On Social Media :

Ternyata Simpanse Juga Bisa Belajar Bermain Hompimpa, Bagaimana Caranya?

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 13 Agustus 2017 | 11:30 WIB

Intisari-Online.com – Suiten adalah permaian yang sangat mudah. Biasanya suiten dilakukan untuk memulai suatu permaian lainnya.

Bisa pula sebagai cara untuk membuat keputusan cepat diantara dua orang atau lebih.

Permaian suiten di negara lain disebut dengan permaian batu-kertas-gunting. Ternyata, permainan ini bisa pula dimainkan oleh simpanse sebaik anak yang berusia 4 tahun.

(Baca juga: Jika Manusia Saling Mengenal Wajah, Simpanse Saling Mengenal Pantat)

Penelitian simpanse bermain suiten dilakukan oleh para peneliti di Kyoto University dan Peking University.

Penelitian memperlihatkan bahwa simpanse dapat mempelajari pola sirkuler akan inti permainan tersebut dan mendemonstrasi betapa pintarnya spesies ini.

Penelitian mengungkapkan bahwa simpanse di semua tingkatan umur dan jenis kelamin dapat belajar tentang pertalian berputar yang sederhana diantara mereka dengan tiga tanda dari tangan yang berbeda.

Walaupun proses belajar mereka lebih lama, simpanse bisa belajar memainkan permainan itu seperti anak usia 4 tahun.

Dalam permainan suiten, pertalian diantara sinyal dari tangan mereka tidak linear dan harus dipahami dengan kontek bagaimana pasangan dikelompokkan.

Untuk menguji apakah simpanse dapat mengerti pertalian ini, peneliti melakukan sebuah eksperimen yang melibatkan 7 simpanse dari umur dan jenis kelamin yang berbeda.

Simpanse itu ditempatkan di sebuah booth rumah dengan sebuah komputer layar sentuh. Kemudian mereka dilatih untuk memilih dua pilihan terkuat yang mereka lihat di layar.

(Baca juga: Lucy, Nenek Moyang Manusia yang Mungkin Meninggal karena Jatuh dari Pohon)

Awalnya, mereka mempelajari kalau kertas mengalahkan batu, kemudian batu mengalahkan gunting, dan akhirnya gunting mengalahkan kertas.