Find Us On Social Media :

Ke Sleman, Tak Lengkap Bila Belum Memetik Langsung Salak Pondoh yang Kabarnya Disukai Selandia Baru

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 6 Agustus 2017 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com – Anda tentu kenal salak yang satu ini.

Namanya kondang sebagai jenis salak yang enak. Jika sering makan buahnya, kini saatnya Anda berkunjung langsung ke kebun asalnya di Sleman, DI Yogyakarta.

Pondoh bukan nama daerah, tapi bahasa setempat untuk calon manggar (mayang kelapa). Salak ini dinamai salak pondoh karena rasanya tidak sepat tapi manis seperti calon mayang kelapa.

Salak pondoh berasal dari daerah Turi dan Pakem, Sleman, di sebelah utara Kota Yogyakarta. Sebagian besar penduduk daerah ini punya kebun salak.  Hasil kebun dijual di sepanjang jalan di kawasan ini.

(Baca juga: Daerah yang Rawan Kejahatan di Sleman, Yogyakarta)

Tapi kalau Anda ingin melakukan wisata kebun, tidak sekadar membeli salak, maka sebaiknya berkunjung ke Agrowisata Salak Pondoh di Desa Bangunkerto, Turi, Sleman.

Agrowisata yang dikelola pemerintah desa ini menempati lahan sekitar 27 hektar. Buka tiap hari pukul 08.00 -16.00 dengan tiket masuk Rp 8.000,- per orang.

Di sini setiap rombongan pengunjung, minimal dua orang, akan ditemani pemandu yang akan menjelaskan serba-serbi salak pondoh selama sekitar 30 menit.

Di dalam kebun, kita juga bisa memetik dan makan salak. Satu orang boleh memetik hingga lima buah. Boleh dimakan di tempat tapi tidak boleh dibawa keluar.

Sambil menikmatinya, kita bisa mendengarkan pemandu menjelaskan segala hal tentang salak pondoh.

Di kebun ini ada dua macam salak, yaitu salak pondoh hitam dan super. Salak pondoh hitam, seperti namanya, kulitnya berwarna cokelat kehitaman. Bagian daging buahnya berwarna putih. Rasanya manis.

Salak pondok super warna kulitnya cokelat terang, dagingnya kekuningan, rasanya lebih enak, perawatan pohonnya juga lebih mudah.

Agrowisata ini hanya menawarkan wisata kebun. Kalau kita mau membeli salak untuk oleh-oleh, kita bisa membelinya di penjual-penjual di sepanjang jalan di dekat agrowisata.