Find Us On Social Media :

Ingin Turunkan Kolesterol dan Risiko Kanker? Makanlah Pisang Beserta dengan Kulitnya

By Agus Surono, Sabtu, 5 Agustus 2017 | 13:20 WIB

Intisari-Online.com - Selama ini kita sudah tahu manfaat pisang. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Namun, siapa sangka bahwa kulit pisang pun memiliki manfaat seabreg bagi kesehatan tubuh kita.

Pasti Anda akan bertanya, bagaimana memanfaatkan kulit pisang? Apakah langsung dimakan berbarengan dengan buahnya?

Nah, baca dulu manfaatnya lalu simak cara mengonsumsinya.

Inilah beberapa manfaat kulit pisang bagi tubuh kita:

  1. Mengurangi depresi Kulit pisang kaya akan potasium dan mengandung serat yang mudah larut. Bagian luar ini mengandung triptofan, yang meningkatkan kadar serotonin dan memperbaiki mood seseorang. Kandungan ini dipercaya dapat mengurangi depresi, karena memengaruhi neurotransmiter otak –yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan emosi. (Baca juga: Waspada! Depresi Tak Sekadar Pengaruhi Fisik, Tapi Juga Picu Bunuh Diri)  
  2. Membuat tidur lebih nyenyak Kulit pisang mengandung senyawa triptofan yang tinggi. Triptofan adalah asam amino esensial yang sering diresepkan dalam bentuk suplemen untuk mengatasi masalah tidur. Ini berarti mengonsumsi kulit pisang bisa membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.  
  3. Menurunkan kolesterol Kulit pisang mengandung serat yang lebih mudah larut dibandingkan serat pada daging pisang. Dalam banyak penelitian, serat telah menunjukan kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tentu membantu menangkal komplikasi penyakit jantung dan stroke.  
  4. Menjaga tubuh tetap langsing Memiliki kalori yang rendah, kulit pisang bisa menjadi makanan penting untuk membantu mengurangi berat badan.  
  5. Menurunkan risiko kanker Kulit pisang mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, bagian ini juga mengandung senyawa yang berfungsi melindungi sel tubuh dari jenis mutasi penyebab tumor dan kanker. (Baca juga: Siapa Sangka, Daun Sirsak Ternyata Obat Ampuh untuk Mengatasi Kanker)  
  6. Memperbaiki penglihatan Kulit pisang kaya akan lutein. Ini adalah senyawa yang membantu melindungi penglihatan. Kandungan lutein pada kulit pisang juga berperan dalam mencegah katarak dan degenerasi makula. (Makula adalah bagian tengah retina yang bertanggung jawab untuk memproses penglihatan rinci.)  
  7. Melindungi sel darah merah Sel darah merah mempunyai tugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Gizi yang ada pada kulit pisang dapat mencegah sel darah merah kita rusak.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan manfaat kulit pisang?

Selamat mencoba!