Find Us On Social Media :

Kadang Kita Merasa Paling Tahu, Padahal Ada Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan terhadap Orang dengan Penyakit Mental

By Moh Habib Asyhad, Senin, 31 Juli 2017 | 19:30 WIB

Cara menghadapi orang dengan penyakit mental

Intisari-online.com - Banyak dari kita merasa paling tahu untuk menghadapi orang dengan penyakit mental seperti depresi, bipolar, gangguan kecemasan, scizofrenia, dll.

Berikut pandangan dari sisi mereka yang mengalami penyakit mental, mengenai apa yang harusnya kita lakukan ketika menghadapi mereka, seperti yang dilansir di Huffingtonpost.com:

(Baca juga: Jangan Salah Paham, Datang ke Psikolog Bukan Berarti Kita Gila tapi karena Kita Tahu Penyakit Mental Tidak Boleh Dianggap Remeh)

1.Jangan terlalu banyak bicara 

Cukuplah bertanya akan hal-hal sederhana. Seperti: “Apakah kamu baik-baik saja? Apakah kamu sudah makan? Apakah kamu ingin berjalan-jalan menghirup udara segar bersama saya?

Bahkan, menurut seorang yang mengalami depresi, kehadiran orang untuk duduk bersamanya, hanya diam dan mendengar saja sudah cukup untuk membuatnya tidak merasa sendirian.

2. Jangan paksa mereka untuk menjelaskan apa yang sedang dialaminya 

Sebab yang dialaminya adalah penyakit dan hal tersebut terkadang di luar kendalinya.

3.Jangan ambil hati ketika menghadapi mereka 

Mereka pun tidak ingin berada pada kondisi itu. Ia bukannya tidak mengerti situasi kita, namun situasinya sendiri sudah sangat berat untuk dihadapinya sendiri.

(Baca juga: Kasih Ibu Sepanjang Masa: Menolak Menyerah, Zou Hongyan Berhasil Mengantar Anaknya yang Berkebutuhan Khusus Masuk Universitas Harvard)

4. Jangan berusaha untuk memperbaiki mereka