Find Us On Social Media :

Sedih! Sudah Menabung Selama 7 Tahun, Calon Jemaah Haji Ini Tiba-tiba Batal Berangkat karena Dinyatakan Gagal Ginjal

By Ade Sulaeman, Sabtu, 29 Juli 2017 | 11:30 WIB

Ramli dan istri

Intisari-Online.com - Tujuh tahun menabung jelas bukanlah waktu yang sebentar.

Apalagi jika tujuannya adalah untuk menunaikan ibadah haji.

Tentu akan menjadi sangat menyedihkan sekaligus menyakitkan jika upaya tersebut tiba-tiba kandas justru saat prosesnya hanya tinggal ‘selangkah’.

Itulah yang membuat istri dari seorang calon jemaah haji bernama Ramli menangis histeris hingga memohon-mohon kepada petugas karena suaminya dinyatakan tidak dapat berangkat haji karena mengidap gagal ginjal.

Ramli yang bekerja sebagai dosen di salah satu universitas negeri di Padang ini sebelumnya dinyatakan memenuhi syarat.

(Baca juga: Kuota Haji Bertambah, Waktu Tunggu Calon Jemaah Haji Kini “Hanya” Butuh 14 Tahun)

Manifest calon jemaah haji termasuk gelang haji yang merupakan tahap akhis syarat pelaksanaan haji sudah ada di tangan Ramli.

Kabar tentang nasib Ramli ini beredar luas setelah sebuah akun Instagram @soenandarboedi mengunggah foto dan video saat Ramli dan istrinya memohon-mohon kepada petugas.

Dalam posting-an tersebut juga muncul komentar dari akun @yolli-indria yang mengkritik keterangan yang digunakan oleh @soenandarboedi.

Menurut akun yang dalam profil Instagramnya tertulis sebagai Health Quarantine Officer tersebut, Ramli sudah diberit tahu jauh-jauh hari tentang kondisinya, bahkan sejak pemeriksaan di dinas kesehatan kota Padang.

(Baca juga: Yaman Diserang Wabah Kolera, Jemaah Haji Indonesia Wajib Waspada)

“Tim kesehatan bekerja atas peraturan yang ada, jika ditanya hati nurani sebenarnya tim kesehatan juga tidak tega melihat calon jemaah haji batal berangkat,” tulisnya.