Find Us On Social Media :

Ingin Menonton Dunkirk? Inilah Semua Hal yang Perlu Kita Tahu tentang Dunkirk dan Pertempuran Perang Dunia II

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 21 Juli 2017 | 17:30 WIB

Keajaiban Dunkirk

Intisari-Online.com - Christopher Nolan kembali dengan film barunya. Meski baru tayang serentak hari ini, Jumat (21/7), film ini sudah mendapat sambutan hangat dari para kritikus.

Dunkirk adalah sebuah ode yang dibuat untuk para tentara dan warga sipil yang terkena dampak epik dari “Keajaiban Dunkirk”.

Film ini terdiri atas tiga narasi yang saling berpotongan—seorang tentara muda Inggris yang selama seminggu berjuang mengevakuasi tentara Prancis, satu hari di sebuah kapal pesiar kecil yang digunakan untuk menyelamatkan tentara itu, dan satu jam di kokpit pesawat yang dimainkan oleh Tom Hardy.

Beberapa orang menyebut film ini sebagai masterpiece-nya Nolan. Tapi lepas dari itu, seberapa banyak dari kita yang benar-benar tahu apa itu Dunkirk?

(Baca juga: Operasi Jubille: Arena Banjir Darah Pasukan Inggris saat Ingin Balaskan Dendam Kekalahan di Dunkirk)

Battle of Dunkrik alias Pertempuran Dunkirk dan evakuasi besar-besaran yang mengikutinya terjadi satu setengah tahun sebelum Jepang mengebom Pearl Harbor—sehingga sering dilupakan buku sejarah kita.

Meski begitu, pertempuran ini dianggap menandai momen penting dalam sejarah Inggris dan Perang Dunia II.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa ini menjadi momen besar? Dan kenapa orang menyebutnya “keajaiban”?

Dunkirk merupakan sebuah kota di pantai barat laut Prancis yang dekat dengan Belgia (sekitar 10 km) dan Inggris Raya (jaraknya kurang dari 39 mil melewati Selat Inggris).

Para akhir Mei 1940, Nazi telah mendorong sejumlah besar tentara Inggris, Prancis, Belgia, dan Kanada ke kota kecil ini.

(Baca juga: Sejak Perang Dunia I, Mobil Ini ‘Rutin’ Memicu Malapetaka Bagi para Pemiliknya)

Harap diketahui, sebanyak 394.165 pemuda Inggris dikirim menjadi Pasukan Ekspedisi Inggris (BEF) untuk bertempur di medan laga ini. Lihat tabel di bawah ini: