Find Us On Social Media :

China dan Israel Tingkatkan Kerjasama, Amerika Ketar-ketir?

By Masrurroh Ummu Kulsum, Minggu, 21 Oktober 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com – Musuh eknomi Amerika Serikat, China, sedang mempersiapkan diri untuk meningkatkan kerjasama teknologi dengan Israel.

Dikutip dari laman SCMP (21/10), wakil presiden China, Wang Qishan, akan melakukan kunjungan ke nagara Timur Tengah mulai tanggal 22 Oktober.

Tetapi, rencana untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat antara China dan Israel menjadi pisau bermata dua bagi Israel sendiri.

Bagaimana tidak, hubungan tersebut dapat memicu dilema keamanan bagi Israel di tengah perang dagang antara China dan Amerika Serikat yang merupakan sekutu utamanya.

Baca Juga : Mengintip Isi di dalam Pangkalan 'Planet Mars' Milik China Bernilai Rp926 Miliar

Selama hampir dua dekade, ini akan menjadi kunjungan pertama Wang ke Israel.

Ia akan memimpin delegasi China untuk Komite Inovasi China-Israel keempat yang diselenggrakan oleh kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu selama 3 hari.

Delegasi China ini terdiri atas beberapa pengusaha sukses negara itu termasuk, Jack Ma. Mereka bermaksud membahas perluasan peluang bisnis dan perdagangan antara Beijing dan Yerusalem.

Sebagai pemanasan kerjasama dengan Israel ditengah hubungan panasnya dengan Amerika Serikat, Wang akan menghadiri pembukaan pusat inovasi baru di Israel.

Baca Juga : Begini Penilaian Bocah-bocah Amerika terhadap Indomie Goreng ketika Mencicipi Mi Instan dari Seluruh Asia