Find Us On Social Media :

Jamal Khashoggi Diduga Tewas: Tak Hanya di Arab Saudi, di Indonesia Juga Banyak Wartawan Tewas di Bunuh, Ini 5 di Antaranya

By Mentari DP, Sabtu, 20 Oktober 2018 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Dua minggu lalu, jurnalis Jamal Khashoggi dikabar hilang.

Dilansir dari kompas.com, Khashoggi terakhir kali terlihat pada 2 Oktober 2018 saat memasuki gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul, Tukri.

Dan setelah lebih dari dua minggu, pemerintah Arab Saudi akhirnya mengakui pria berusia 57 tahun tersebut tewas di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

The Independent mengabarkan seperti dilansir dari kompas.com, pernyataan itu disiarkan melalui saluran televisi yang dikendalikan pemerintah, Al-Akhbariya, pada Sabtu (19/10/2018), dengan mengutip hasil penyelidikan awal dari jaksa penuntut umum.

Baca Juga : Jamal Khashoggi Diduga Dibunuh: Apa Sebenarnya yang Ia Lakukan sehingga Arab Saudi Geram?

Namun, otoritas Saudi mengklaim Khashoggi tewas karena bertikai dengan orang-orang yang ditemuinya di gedung konsulat pada 2 Oktober 2018.

"Pembicaraan antara Jamal Khashoggi dan orang-orang yang ditemuinya di konsulat kerajaan di Istanbul, berubah menjadi pertikaian, yang menyebabkan kematiannya," demikian laporan dari Saudi Press Agency, mengutip jaksa penuntun umum.

Belum jelas apa penyebab pertikaian tersebut, namun kabar kematian Khashoggi jelas menghebohkan dunia, tak terkecuali rekan seprofesinya.

Sebab kisah seorang wartawan tewas dibunuh bukanlah hal baru. Termasuk di Indonesia. Ada beberapa wartawan yang tewas dalam menjalankan tugasnya.

Berikut beberapa kasus wartawan Indonesia yang tewas karena dibunuh.