Find Us On Social Media :

Pesta Koboi di Argentina, Makan-Minum dan Bersenang-senang Dilayani oleh Para Koboi

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 Oktober 2018 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com – Hari tahun baru di negara Maradona ternyata sepi-sepi saja. Untung 1 Januari 1989 jatuh pada hari Minggu. Ada kesempatan menghadiri pesta koboi bagi wisatawan.

Mari kita simak tulisan Lugito Hayadi, Pesta Koboi di Argentina, yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Oktober 1989.

Besok tahun baru, jadi tidak ada acara," kata pewisata kami. Kami kecewa juga. Tapi-mau apa lagi kalau hampir semua objek wisata tutup.

Sore ltu tanggal 31 Desember 1988. Kami baru saja tiba di Buenos Aires, lbu kota Argentina, setelah menyaksikan air terjun terbesar di dunia yang terletak di Iguazu, Brasil.

Baca Juga : Perang Inggris – Argentina yang Hanya 74 Hari demi Berebut Pulau Penuh Ratusan Ribu Domba

Apa dong yang harus kami lakukan besok? Untungnya pemandu wisata mengetahui suatu cara menarik untuk merayakan tahun baru.

"Siapa mau ikut Fiesta Gaucha en Estancia besok?" tanyanya. Nama keren ltu sebetulnya hanya pesta tradisional khas desa. Mungkin lebih tepat kalau disebut pesta gaya koboi Argentina. Pesta ini diadakan dua kali seminggu, yaitu setiap hari Rabu dan Minggu.

Istri saya dan saya mau saja. Kami diharuskan membayar AS $ 26 seorang.

"Besok, pukul 10.00, Anda dijemput, ya!" kata pemandu. Ternyata peminat pesta koboi ltu banyak. Dua puluh lima orang dari manca negara dijejalkan ke sebuah bus.

Baca Juga : Evita Peron, Legenda 'Kupu-kupu Baja' dari Argentina, 'Santa' Bagi Kaum Miskin

Dilayani koboi

Kami dibawa ke luar kota, ke daerah pertanian Rita, kira-kira 80 km di sebelah utara Buenos Aires. Senang juga saya melihat pemandangan alam dari jalan raya yang sepi itu: ladang-ladang gandum yang menguning dan padang rumput yang khas.

Pertanian Rita lahannya luas. Di sini diternakkan pula kuda. Di tengah tanah pertanian itu ada sebuah pondok besar yang tidak berdinding. Atapnya dari rumbia. Di dalamnya ada meja-meja panjang dan kursi-kursi kayu, dan sebuah panggung kecil.