Find Us On Social Media :

Pidato Jokowi Dipuji Pimpinan Dunia: Ini 8 Cara Mengasah Kosakata Agar Berbicara Tenang di Depan Banyak Orang

By Intisari Online, Jumat, 12 Oktober 2018 | 15:20 WIB

Intisari-Online.com - Pidato Presiden Joko Widodo saat acara pembukaan Annual Meeting Plenary, IMF-World Bank Annual Meetings 2018 di Nusa Dua Bali, Jumat (12/10), mendapat banyak pujian.

Pidato yang berisi analogi Jokowi bahwa perekonomian dunia saat ini layaknya serial film Game of Thrones tersebut dipuji oleh Direktur pelaksana IMF Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim.

Keduanya mengaku terpukau dengan pidato Jokowi dan merasa tidak sanggup menyamai cara Jokowi menyampaikan pidato.

Tentunya, seperti halnya para pemimpin dunia atau orator ulung lainnya, kemampuan Jokowi dalam berpidato tidak serta merta terbentuk.

Baca Juga : Pukau Bos IMF dan World Bank, Ini Isi Lengkap Pidato Presiden Jokowi saat Pembukaan IMF-World Bank Annual Meetings

Butuh latihan yang serius dan, menurut hasil penelitian, butuh penguasaan kosakata yang baik agar seseorang dapat tampil dengan baik saat harus berbicara di depan banyak orang.

Namun sayang, pada umumnya kita hanya memanfaatkan secuil saja dari kosakata kita yang menggunung.

Untungnya, buku Charisma Effect (2009) mengungkapkan beberapa cara mengasah kosakata agar bisa berbicara dengan tenang di depan banyak orang, yaitu:

Baca Juga : Dikaruniai Bakat Pidato yang 'Menghipnotis', Seperti Inilah Helm Legenda Miltiades

1. Uji kemampuan

Sebagai langkah awal ujilah kemampuan kosakata Anda. Anda dapat mengujinya dengan mengunjungi situs-situs tes kosakata seperti www.javacamp.org.

2. Belajar satu kata baru

Pelajarilah satu kata baru setiap hari. Kemungkinan dalam tiga bulan, Anda sudah mengumpulkan dan bisa menggunakan tak kurang dari seratus kata baru.