Find Us On Social Media :

Karya Agatha Christie Sesuai dengan Pribadinya yang Sulit Ditebak

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 7 September 2018 | 18:30 WIB

Intisari-Online.com – Tanggal 15 September ini Agatha Christie akan genap berusia 128 tahun. Seandainya ia masih hidup,  entah bagaimana perasaannya mengetahui dua miliar bukunya merambah ke segala penjuru dunia dan telah berhasil mencekam perhatian beberapa generasi.

Jarang sekali ada satu hari terlewatkan tanpa ada cerita hasil karya Agatha Christie yang naik pentas teater, televisi atau bioskop. Tokoh rekaannya yang paling populer Hercule Poirot, detektif Belgia yang senang sekali main selidik dan menggoyangkan kumisnya, dan si usil Miss Marple. Keduanya tokoh yang diambilkan dari kehidupan sehari-hari.

Agatha Christie meninggal pada tahun 1976 karena ... sebab-sebab yang wajar. Tetapi pribadinya tetap misteri. Bagaimana seorang wanita dari kalangan atas bisa begitu tertarik pada pembunuhan?

Apa sebab ia menghilang beberapa tahun setelah pernikahannya yang pertama, dengan Archiebald Christie?

Baca Juga : Misteri Hilangnya Penulis Novel Serial Detekftif Terkenal Agatha Christie

Suami hilang, Agatha menghilang

Agatha Mary Clarissa Miller Christie Mallowan lahir di Ashfield, dekat kota wisata pantai Torquai di Devon, Inggris.

Ayahnya orang Amerika kaya yang bekerja di Inggris, Frederick Alvah Miller, sedangkan ibunya Clarissa Boechmer, Inggris asli. Agatha menerima pendidikan dari kedua orang tuanya di rumah. Orang lain yang juga memberikan pengaruh kepadanya adalah kedua nenek; pengasuh, kakak perempuan Margaret dan kakak laki-lakinya Louis (Monty) Miller.

Archibald Christie seorang kapten yang gagah di Royal-Flying Corps. Ia menyunting gadis Agatha pada tahun 1913. Entah kenapa, tak lama setelah kelahiran anak perempuan mereka, Rosalind, si kapten nyeleweng dengan Nona Nancy Neele.

Baca Juga : Penulis Sukses Bunuh Diri karena Lupa Cara Menulis, Ini Isi Surat Terakhirnya Sebelum Mati

Ketika suami menghilang, Agatha pun menghilang. Mobilnya diketemukan orang keesokan harinya, sampai ia dikira tewas. Tapi sembilan hari kemudian ia muncul di sebuah hotel di Harrogate, Yorkshire, bermil-mil jauhnya dari rumah, dengan nama lain.

Agatha mengaku terserang penyakit lupa. Tetapi ada yang berpendapat itu cara Agatha menunjukkan sakit hati atas perbuatan suaminya. (Ada film yang menceritakan episode ini, diperankan oleh Vanessa Redgrave dan Dustin Hoffman.)

Sudah sejak kecil si bungsu Agatha senang mengarang. Tetapi novel misterinya yang pertama, Peristiwa Misterius di  Styles, ditulisnya pada tahun 1916, ketika ia berusia 26 tahun. Novel itu baru diterbitkan empat tahun kemudian.