Find Us On Social Media :

Aplikasi yang Menggunakan Virtual Reality Ini Dijamin akan Membantu Kita Berhenti Merokok Selamanya

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 4 Juni 2017 | 15:30 WIB

Aplikasi ini membantu kita berhenti merokok selamanya

Intisari-Online.com - Merokok adalah salah satu kecanduan yang sulit untuk dihentikan.

Pada sebagian orang, dorongan merokok terlalu kuat. Sehingga perhatian untuk mencoba berhenti merokok banyak diedarkan dalam beberapa tahun terakhir.

(Baca juga: Cara Ampuh Berhenti Merokok, Perokok Wajib Baca!)

Salah satunya oleh perusahaan startup Amerika Serikat, Kickstarter. Startup yang berbasis di California ini telah membuat sebuah aplikasi yang menggabungkan merokok dengan Virtual Reality (VR) bernama Mindcotine.

Mindcotine memungkinkan perokok merasa seperti merokok tapi tanpa pernah menyalakan rokok.

Ia juga bisa mendapatkan semua sensasi merokok tanpa risiko kematian. Sebab, aplikasi ini lebih dirancang untuk menjelajahi hasrat seseorang untuk merokok.

Untuk membuat teknologi ini, Cristian Waitman, Nicolas Rosencovich, dan Emilo Goldenhersch, menghabiskan satu bulan bekerja dengan University of Communication untuk memproduksi sebuah prototipe dari aplikasi tersebut.

Ketiga peneliti ini ingin memberikan alat pemberdayaan diri kepada setiap individu yang menderita kecanduan merokok dan memberikan akses terhadap solusi kesehatan integral.

(Baca juga: Heroik! Petugas Pemadam Kebakaran Coba Selamatkan Seekor Buaya dari Saluran Pembuangan)

Berikut cara kerja aplikasi Mindcotine:

1. Lakukan pre-order di website Kickstarter. Harhanya sekitar 10 US Dollar (Rp132.950). Anda akan dapat headset kotak khusus yang dirancang untuk mengubah ponsel menjadi aplikasi VR penuh.

2. Download aplikasi.

3. Letakkan ponsel di headset kotak khusus dan tempelkan di atas wajah Anda.Rasakan setiap getaran dalam aplikasi.

Di atas semua ini, para pembuat berharap aplikasi Mindcotine dapat memungkinkan para perokok mencoba berhenti meroko dan menciptakan komunitas dengan satu tujuan yang jelas.