Find Us On Social Media :

Hasan Salameh, Nama yang ‘Mencoreng’ Nama Besar Agen Rahasia Israel Mossad

By Ade Sulaeman, Kamis, 25 Mei 2017 | 18:00 WIB

Mossad

Intisari-Online.com - Sebagai organisasi intelijen, Mossad bisa digolongkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia, baik dalam organisasi, cara kerja, maupun hasil kerjanya.

Pada awal berdirinya tahun 1938, Mossad dibentuk untuk mengorganisir orang-orang Yahudi yang ingin pulang ke tanah asalnya, Israel.

(Baca juga: Abu Bakar Al Baghdadi Si Pemimin ISIS Ternyata Agen Mossad)

Karena orang-orang Yahudi banyak tersebar di sejumlah negara, cara kerja Mossad terus berkembang khususnya dalam metode operasi, ideologi, dan politik hingga akhirnya Mossad mampu membentuk diri sebagai badan intelijen tangguh.

Ketika negara Israel akhirnya secara resmi berdiri pada 1948, Mossad pun menjadi institusi intelijen yang paling diandalkan Israel untuk mengatasi berbagai masalah, khususnya dari negara-negara dan organisasi yang menjadi musuh utama Israel.

Berbagai misi tempur yang dilancarkan militer Israel pun sukses karena fungsi intelijen Mossad telah menjadi ujung tombak untuk memenangkan pertempuran.

Tak hanya itu, sejak negara Israel berdiri, Mossad bahkan melancarkan operasi penangkapan terhadap tokoh-tokoh penjahat perang Nazi dan sukses.

(Baca juga: Mata-mata AS di ISIS dan Israel dalam Bahaya Setelah Donald Trump Ungkap Keberadaan Mereka saat Bertemu Rusia)

Sejumlah penjahat perang Nazi Jerman yang bertanggung jawab terhadap pembantaian jutaan orang Yahudi selama PD II yang berusaha kabur ke sejumlah negara seperti Amerika Selatan terus diburu oleh Mossad tanpa mengenal menyerah.

Selain Mossad, Israel juga memiliki badan intelijen dalam negeri, Shin Bed dan intelijen umum, Aman. Ketiga institusi intelijen Israel itu bekerja saling bahu-membahu guna memerangi musuh-musuh Yahudi.

Markas besar Mossad yang berada di ibukota Israel, Tel Aviv mempunyai anggota sekitar 2.000 personel dan struktur organisasinya terdiri dari delapan departemen.

(Baca juga: Mirip Film James Bond, Kakak Kim Jong Un Tewas Diracun Agen Rahasia Korut di Malaysia)