Find Us On Social Media :

Di Balik Kenikmatan Sushi Ternyata Ada Parasit Ini Yang Perlu Diwaspadai

By Agus Surono, Sabtu, 13 Mei 2017 | 08:00 WIB

Parasit anisakis yang biasa berkembang di ikan mentah bisa berakibat sakit perut.

Intisari-Online.com – Penyakit itu bernama anisakiasis. Pemicunya adalah parasit yang terkandung di dalam ikan atau makanan laut lainnya.

Berita buruknya, seperti yang dikutip dari laporan BMJ Case Reports, penyakit ini tengah berkembang di negara-negara Barat yang mengonsumsi sushi dan bahan mentah lainnya.

(Baca juga: Tuhan Menyediakan yang Terbaik...pada Waktunya)

Penulis menggambarkan soal penyakit itu berdasarkan pengalaman seorang pria berusia 32 tahun yang sebelumnya sehat, kemudian menderita sakit usus bagian atas yang parah, mual, dan demam selama seminggu sebelum akhirnya masuk rumah sakit.

Dr. Joana Carmo, penulis utama dan seorang dokter di departemen gastroenterologi Rumah Sakit Egas Moniz di Lisbon, Portugal, dan rekan penulisnya, mengatakan bahwa pemeriksaan fisik menunjukkan adanya nyeri tekan di perut, sementara hasil lab menunjukkan peningkatan pada darah putih, yang merupakan tanda khas infeksi.

Dalam sebuah wawancara, pria tersebut mengatakan bahwa dia baru saja makan sushi.

Memancing parasit

Dokter lalu melakukan endoskopi gastrointestinal bagian atas. Ini merupakan tindakan berupa pemeriksaan non-bedah pada saluran pencernaan menggunakan tabung fleksibel yang dilengkapi dengan lampu dan kamera di bagian depan.

Dari endoskopi itu terlihat adanya membran usus yang membengkak dengan parasit yang melekat kuat, ujungnya menembus perut.

(Baca juga: Mireya Briceno, Siswa SMA yang Diusir dari Pesta Prom karena Gaun Kelewat Seksi)

Dokter lalu menyingkirkan cacing larva dengan jaring khusus, yakni jaring Roth, sebuah jaring plastik kecil yang biasa digunakan untuk menghilangkan polip dari usus besar serta benda asing lainnya yang ditemukan di saluran pencernaan seperti parasit.

Dari analisis diketahui bahwa cacing tersebut berasal dari genus Anisakis.