Find Us On Social Media :

Ini Dia Katak yang Ukurannya Sebesar Ayam dengan Berat 1,5 Kg dari Enrekang, Sulawesi Selatan

By Ade Sulaeman, Jumat, 5 Mei 2017 | 19:30 WIB

Katak raksasa dari Enrekang.

Intisari-Online.com – Warga Dusun Gora, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enkerang, Sulawesi Selatan, menemukan sembilan ekor katak dengan ukuran raksasa, sebesar ayam.

Warga menangkap katak yang dalam bahasa lokal disebut "Todan" itu di kebun sawah pinggiran Sungai Dantewwa, sungai sepanjang 10 kilometer di Enrekang yang melintasi Desa Buntu Mondong, Banca, dan Lunjen.

"Kita tangkap sembilan ekor, dua ekor yang paling besar beratnya 1,5 kg panjang 50 cm dan sisanya ukurannya sedang," kata Darussalam, warga yang ikut menangkap, kepada Tribun Enrekang, Selasa (2/5/2017).

(Ayam Brahma, Ayam 'Raksasa yang Ukuran Tubuhnya Bikin Kita Geleng-geleng Kepala Tak Percaya)

Dia menjelaskan, katak raksasa itu memang terdapat dalam jumlah melimpah di wilayahnya. Menurutnya, katak itu endemik Latimojong. Kadang, warga bisa menangkap hingga 50 ekor.

Pria yang berprofesi sebagai pendamping PKH dinas sosial itu menambahkan, katak itu hanya bisa ditangkap saat malam karena selalu bersembunyi kala siang.

Ahli amfibi dan reptil dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, mengungkapkan, katak raksasa itu adalah cermin potensi fauna Nusantara.

(Lucu Lucuan Golongan Darah Ala Jepang)

"Ini salah satu potensi katak nusantara yang kita miliki dari Sulawesi," katanya saat dihubungi Kompas.com sebelumnya.

Menurutnya, katak itu merupakan jenis Limnonectes gruniens dan Limnonectes modestus. Jenis itu bisa memakan apapun yang ada di permukaan tanah, mulai tikus hingga burung.

Amir mengungkapkan, bila dikelola dan dibudidayakan, katak itu bisa dimanfaatkan untuk konsumsi sekaligus menjadi komoditas ekspor baru.

(Misteri Jam Raksasa di Candi Borobudur)