Find Us On Social Media :

Dibeli Jokowi Seharga Rp67 Juta untuk Kurban, Sapi Ini Dirawat Bak Bayi

By Intisari Online, Sabtu, 18 Agustus 2018 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com - Untuk kedua kalinya, tahun ini Presiden Jokowi kembali mengirimkan sapi untuk kurban bagi warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Presiden Jokowi lewat utusannya telah membeli seekor sapi kurban seharga Rp67 juta rupiah dari seorang peternak lokal bernama Kardiman di Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Jumat (17/8/2018).

Sapi jenis Simental yang diberi nama "Bejo" ini berumur 2, 5 tahun dan memiliki bobot badan 1 ton.

Sejak resmi dibeli presiden Jokowi seharga Rp67 juta rupiah untuk persipan hewan kurban pada hari raya Idul Adha, Rabu pekan depan, sapi ini dirawat oleh Kardiman. Dia merawat sapi seperti merawat bayi.

Baca juga: 56 Tahun Kartosoewirjo Divonis Mati: Tangis Bung Karno saat Tanda Tangani SK Hukuman Mati Sahabatnya Sendiri

Kardiman tak membiarkan badan si “Bejo” kotor termasuk kandangnya.

Setiap hari ia memandikan sapi milik Jokowi ini setiap pagi dan sore hari menggunakan sabun, agar tetap sehat hingga hari kurban mendatang.

Kardiman mengaku bangga saat mendapat telpon dari istana yang membeli sapinya.

Dia berupaya menjaga kepercayaan Jokowi agar sapi miliknya itu bisa dipersembahkan untuk hewan kurban pada hari Idul Adha.

Baca juga: Ekonominya Terpuruk, Turki Malah Balas Sanksi Ekonomi AS dengan 'Pukulan' ini

Untuk keamanan, kandang sapi milik Kardiman ini dijaga pemiliknya secara bergantian 24 jam.

Kardiman juga memberi perawatan khusus dengan jadwal makan atau pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari menggunakan ampas tahu dicampur batang pisang.

"Untuk perawatannya rutin di mandikan, kandang juga selalu dibersihkan dan paling utama makanannya," ujar Gunawan, peternak yang ikut merawat sapi tersebut.