Find Us On Social Media :

Berlibur di Lombok? Jangan Lupa Cari 'Ramuan' Awet Muda di Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 14 April 2017 | 08:30 WIB

Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Intisari-Online.com – Aliran air yang melalui tebing bertingkat, udara sejuk, dan pemandangan hijau menyejukkan mata adalah atraksi yang dapat Anda nikmati ketika mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kalau mandi, Anda akan mendapatkan manfaat lain, awet muda. Masyarakat di sekitar dua air terjun ini memang mempercayai hal itu.

Lombok memiliki pesona alam pegunungan yang menyimpan keindahan suara air yang menghujam dan pepohonan yang menyatu dalam ritme yang menenangkan. Di kaki Gunung Rinjani misalnya, terdapat beberapa air terjun yang sudah dikenal sebagai objek wisata. Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah dua di antaranya. Kedua air terjun ini membentuk tangga air dalam satu aliran. Hembusan uapnya yang memenuhi lembah di sekitarnya terasa segar ketika menyentuh kulit Anda.

Dua air terjun ini terletak di sisi utara kaki Gunung Rinjani yang juga merupakan bagian dari track ke gunung tertinggi di Pulau Lombok itu. Secara administratif kedua air terjun berada di Desa Senaru. Dengan melintasi jalan yang berliku, tempat ini bisa dicapai dalam waktu 2,5 jam dari Kota Mataram menggunakan mobil pribadi.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk mencapai air terjun. Namun, dengan pertimbangan ketersediaan angkutan umum dan waktu tempuh, lebih baik Anda menggunakan mobil pribadi atau sewaan.

Ada dua rute yang bisa Anda lalui. Rute pertama, Rembiga – Anyar – Senaru. Rute kedua, Mataram – Ampenan – Pemenang – Anyer – Senaru. Jika memilih rute pertama, dalam perjalanan mencapai Desa Senaru Anda akan melewati Hutan Pusuk. Di hutan ini Anda bisa melihat monyet-monyet kecil yang bermain dan menggelantung di pepohonan.

Banyak pula dari mereka yang duduk berjajar di tepi jalan. Anda bisa berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan dari tempat ini sambil memberi makan monyet-monyet yang tinggal di hutan ini. Sedangkan bila memilih jalur kedua, Anda bisa menikmati pemandangan pantai di sepanjang jalan yang Anda lewati. Setelah menikmati perjalanan yang mengasyikkan, Anda akan disambut plang putih yang bertuliskan “Welcome to Sendang Gile and Tiu Kelep Water Falls.

Untuk menikmati dua air terjun di kawasan ini Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Berbekal tiket ini Anda bisa memulai petualangan menuju Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep dengan berjalan kaki. Anda bisa langsung menuju Air Terjun Tiu Kelep atau pun Air Terjun Sendang Gile terlebih dahulu. Begitu sampai, Anda akan melihat uap air dari hujaman kedua air terjun ini membentuk pelangi ketika terkena pantulan cahaya Matahari.

Air Terjun Tiu Kelep berada di atas Air Terjun Sendang Gile. Air Terjun Sendang Gile merupakan lanjutan aliran air dari Air Terjun Tiu Kelep. Aliran Air terjun Sendang Gile melewati tebing batu bertingkat dengan ketinggian sekitar 30 m. Tebing bertingkat tersebut ditutupi dedaunan hijau dan paku-pakuan.

Air Terjun Sendang Gile berada lebih dekat dari pintu masuk kawasan air terjun. Untuk mencapainya hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan berjalan kaki. Karena letaknya yang lebih dekat dari pintu masuk, Air Terjun Sendang Gile lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Bila Anda yang tidak menyukai tracking, Air Terjun Sendang Gile merupakan pilihan tepat untuk Anda.