Find Us On Social Media :

Ingin Tetap Sehat dan Terlihat Langsing, Mulailah dengan Sepuluh Langkah Ini

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 30 Maret 2017 | 10:00 WIB

Kiat Langsing Setelah Kehamilan

Intisari-Online.com – Bagi sebagian besar orang, diet bisa dikatakan satu-satunya jalan agar tetap ramping dan sehat. Tidak ada produk, saran, atau cara-cara yang secara cepat bisa “memerangi” berat badan kita yang makin hari makin bertambah. Meski demikian, ada sejumlah tips ringan yang mungkin bisa membantu kita mendapatkan berat tubuh idaman.

(Mau Langsing? Ya, Jangan Langsung! Semua Ada Prosesnya)

  1. Berkonsultasilah dan minta pendapat para profesional seperti ahli diet, ahli kebugaran, atau dokter mengenai bagaimana seharusnya kita berolahraga dan menjalankan program nutrisi yang baik.
  2. Tetapkan tujuan. Misalnya, kita lebih memperhatikan ukuran baju daripada berat badan. Pada akhir bulan, teliti apa yang telah kita makan dan seberapa banyak perubahan pada otot-otot sehingga bisa mempengaruhi berat badan. Cara ini secara perlahan dapat menghancurkan rasa ketidakpercayaan terhadap program diet kita.
  3. Jadikan diet sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Kurangi mengudap makanan kecil seperti keripik kentang, berhenti merokok, kurangi minuman beralkohol, istirahat yang cukup, dan cobalah, mengurangi stres.
  4. Membuat daftar nama teman, kemudian masak ikan salmon panggang dan sayur kukus. Makan bersama bisa menjadi lebih nikmat meski masakannya serba panggang dan kukus.
  5. Biasakan hanya satu kali seminggu memanjakan diri dengan makanan favorit agar hasrat kita terpenuhi dan tidak merasa kehilangan.
  6. Minum air putih sebanyak mungkin.
  7. Tetap menjalankan jadwal diet yang sehat. Ini cara terbaik agar tetap fokus di saat kita juga mengonsumsi kalori setiap hari.
  8. Jika kita sedang mencoba program diet tertentu, pastikan bertanya atau setidaknya membaca petunjuknya lebih dahulu.
  9. Olahraga sepertinya memang sepele, namun olahraga terbukti bisa menurunkan berat badan. Setidaknya dengan jalan sehat yang kita lakukan rutin setiap hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih banyak kalori terbakar.
  10. Cintai tubuh kita dan terima segala kekurangan diri dengan cara berdandan sesuai dengan kepribadian. Mulailah belajar untuk memakai pakaian yang akan menonjolkan kelebihan kita, tidak hanya sekadar mengikuti tren.

Nah, itu tadi tips agar tetap sehat dan langsing. (dr. Audrey Luize)