Find Us On Social Media :

Mirip Ilusi Optik, Teknik Pahatan Ini Mampu Menyatukan Dua Potong Kayu Tanpa Perlu Paku (VIDEO)

By Andrew Bari Dianto, Jumat, 24 Maret 2017 | 16:00 WIB

Teknik pemahatan kayu

Intisari-Online.com – Jika membuat sesuatu dengan kayu, biasanya kita akan menggunakan paku untuk membuat kayu bisa menyatu dengan kayu lainnya.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Akan tetapi, jika kita membuat kreasi kayu untuk hiasan, penggunaan paku akan membuatnya tidak terlalu enak untuk dipandang.

Alternatif jika tidak ingin menggunakan paku, adalah dengan membuat sendi kayu yang dibuat sedemikian rupa, agar bisa menyatu dengan kayu lainnya.

Saking pasnya kedua kayu ini menyatu, hal ini akan mengecoh kita dan membuat kita berpikir bahwa ini adalah ilusi optik. Lihat saja video yang satu ini.

(Cindy Chinn, Seniman Pembuat Pahatan Gajah Mini yang Lebih Kecil dari Pensil Kayu)

Teknik ini dinamakan Japanese Sunrise Dovetail, teknik rumit ini harus dibuat secara tepat dan teliti, agar keduanya bisa menyatu dan memberi daya tahan yang kuat.

Video ini dibuat oleh Theo Cook. Cook adalah seorang tukang kayu ahli yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam pembuatan perabotan.

adalah salah satu dari berbagai teknik dalam pembuatan perabotan, jika kita tidak ingin menggunakan paku sebagai penyatu antar satu kayu dengan kayu lainnya.

Teknik lain yang bisa digunakan untuk membuat satu kayu menyatu dengan kayu lainnya adalah teknik Kawai Tsugite, teknik yang diciptakan oleh seorang profesor di Tokyo University, Jepang.

Pembuatan dan hasil dari teknik Kawai Tsugite bisa kita lihat di video ini. Hebat sekali bukan para ahli kayu ini?