Find Us On Social Media :

Si Doel Beraksi Lagi! Kisah Anak Betawi yang Dijadikan Obyek Skripsi

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 3 Agustus 2018 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com – “Masyarakat Betawi bisa saja tergusur. Tapi cerita Si Doel tak akan pernah mati,” tandas Rano Karno. Maka lahirlah kembali Si Doel Anak Sekolahan. Kali ini ia tampil perlente dan terpelajar. Bukan dalam film layar lebar, melainkan sinetron. Hendak mengangkat citra masyarakat Betawi?

Tulisan Si Doel Beraksi Lagi! Kisah Anak Betawi yang Dijadikan Obyek Skripsi yang dimuat dalam Tabloid NOVA  edisi September 1993 ini hadir ketika dimulainya sinetron Si Doel Anak Sekolahan tayang di layar kaca. Mari kita simak bagaimana kisah Si Doel digarap. 

--

Tahun 1973, Sjumandjaja (almarhum) membuat film layar lebar Si Doel Anak Betawi yang mempertemukan bintang cilik Rano Karno dan artis Betawi serba bisa Benyamin S.

Di  film yang sukses di pasaran itu Rano berperan sebagai Si Doel. Bang Ben, begitu biasa Benyamin dipanggil, berubah sosok jadi Sabeni, ayah Si Doel.

Baca juga: Film Si Doel The Movie: Ini 3 Anak Betawi yang Sukses, Salah Satunya Fauzi Bowo

Tiga tahun kemudian, Sjumandjaja kembali membuat cerita tentang aksi anak betawi yang bernama Si Doel. Kali ini lewat lakon Si Doel Anak Modern. Rano "diistirahatkan". Tokoh Si Doel ganti diperankan dengan baik oleh Bang Ben.

Di film inilah, Bang Ben kembali menyabet Piala Citra sebagai aktor terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 1977.

Lama berselang cerita tentang Si Doel seolah hilang tenggelam ditelan perjalanan waktu. Namun sejak akhir Agustus lalu, di sebuah perkampungan di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, terlihat kesibukan yang melibatkan sejumlah artis film.

Nama Si Doel kembali disebut-sebut. Ternyata, aksi Si Doel diangkat kembali dan dikemas dengan judul baru, Si Doel Anak Sekolahan (DAS). Kali ini bukan dalam bentuk film layar lebar, tapi sinetron miniseri sepanjang 6 episode yang rencananya akan ditayangkan lewat RCTI.

Baca juga: Masih Ingat dengan Sosok Mak Nyak dalam Film ‘Si Doel Anak Sekolahan’, Seperti Inilah Kondisinya Kini

Rano Karno kembali tampil sebagai Si Doel. Sedangkan Bang Ben lagi-lagi jadi Sabeni, ayah Si Doel. Suasana nostalgia pun terasa kental mewarnai proses syuting DAS.

Menurut Rano, yang kali ini bertindak sebagai sutradara dan produser DAS, "Si Doel saya angkat kembali demi memenuhi wasiat Bapak (alamarhum Soekarno M. Noor, Red). Sebelum meninggal, Bapak mengingatkan agar Karno's Film yang diwariskannya kembali membuat cerita Si Doel."