Find Us On Social Media :

Saat Bung Karno Terseret Mobil dan Tangannya Terjepit Pintu Mobil

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 1 Agustus 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com – Tidak banyak masyarakat yang tahu kebiasaan sehari-hari Bung Karno (BK) semasa hidupnya.

Pribadinya yang sederhana dan akrab lagi lugas semakin tampak ketika H. Mangil Martowidjojo, mantan Komandan Detasemen Kawal Pribadi, menuangkan pengalamannya dalam buku Kesaksian tentang Bung Karno 1945 – 1967 (Grasindo, 1999) seperti disarikan berikut ini.

--

BK mempunyai kebiasaan memukul-mukul kap atas pintu mobilnya yang akan dinaiki. Bukan kenapa-kenapa.

Baca juga: Masa Kecil Bung Karno, Punya Kekuatan Supranatural tapi Lenyap Setelah Hobi Berpidato

Sebab, kepala BK pernah terbentur pinggiran atas pintu mobilnya. Mulai saat itu pula pengawal selalu diminta BK untuk mengingatkan dengan kata-kata, "Awas pintu, Pak."

Mendengar kata-kata itu, BK selalu menjawab, "Yooooo," sambil memukul kap atas pintu mobilnya terus masuk dan duduk di dalam mobil.

Insiden kecil juga pernah terjadi ketika BK menjemput tamu agung dari luar negeri di lapangan terbang Kemayoran Jakarta, dengan mobil sedan terbuka.

Waktu pintu mobil ditutup dengan keras oleh Sugandhi (ajudan presiden), jari tangan BK terjepit pintu mobil hingga luka berdarah.

Baca juga: Akibat Dipenjara di Sukamiskin Bung Karno Biasa Makan Cepat dan Lebih Suka Tidur di Atas Lantai Meski Sudah Jadi Presiden

Tentu saja sakit sekali. Akan tetapi, untuk menjaga perasaan tamunya, BK tetap tertawa dan melambaikan  tangannya kepada rakyat yang mengelu-elukan.

Pernah juga Bung Karno terseret pintu mobil di serambi Istana Merdeka. Mobil baru berhenti setelah polisi pengawal BK berteriak keras, "Stop, stop!", gara-gara mobil buru-buru dimajukan sopirnya.

Sejak kejadian itu, sopir BK selalu harus turun dari mobil ketika BK akan turun dari mobil, dan baru naik ke mobil setelah BK sudah naik.