Find Us On Social Media :

Mari Abaikan Patung Macan Cisewu yang Buruk Rupa Itu, Beralihlah ke Nasib Macan yang Sebenarnya

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 15 Maret 2017 | 19:00 WIB

Patung macan Cisewu yang jadi perbincangan warga internet

Intisari-Online.com - Patung macan di Koramil Cisewu, Garut, sedang ramai diperbincangkan jagat media sosial. Bukan karena kegarangannya, melainkan karena wujudnya yang buruk rupa dan terlihat “konyol”—kini patung itu sudah dirobohkan oleh penghuni tangsi yang memunggungi patung itu.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Tapi kita tidak akan berbicara tentang patung macan Cisewu yang entah siapa perancangnya itu. Ada yang lebih layak kita dibicarakan: nasib macan itu sendiri, yang saat ini terancam keberadaannya.

Pada 2014, menurut data TRAFFIC, diyakini ada sekitar 3.200 macan atau harimau liar yang berhabitat di Asia. 2.500 di antaranya berada di usia produktif berkembangbiak.

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), harimau digolongkan sebagai hewan yang terancam punah. Perburuan dan hilangnya habitat menjadi dua penyebab utamanya.

Ada enam subspesies harimau yang dicatat oleh IUCN: harimau indocina, harimau benggala, harimau tiongkok, harimau siberia, harimau sumatera, dan harimau malaya. Tiga nama terakhir masuk kategori yang terancam punah.

Sesuai dengan nama-nama subspesiesnya, kita bisa menjumpai harimau-harimau itu di Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Rusia, Thailand, dan Vietnam.

(Ada Rencana Besar Membangkitkan Kembali Harimau Kaspia dari Kematian)

Sementara subspesies harimau yang sudah punah meliputi harimau bali, harimau kaspia, dan harimau jawa.

Hilangnya habitat

Seperti sudah disinggung di awal, perburuan menjadi salah satu ancaman punahnya si raja hutan. Lebih-lebih karena banyak permintaan terhadap produk-produk yang teruat dari bagian tubuh harimau. Seperti tulang-tulangnya yang digunakan untuk obat tradisional, kulitnya yang hangat, gigi dan kuku yang digunakan untuk dekorasi.

Catatan jual-beli harimau ilegal di bawah ini mungkin bisa kita jadikan rujukan: