Find Us On Social Media :

Harus Bersyukur, Punya Anak Ternyata Membuat Angka Harapan Hidup Lebih Tinggi

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 15 Maret 2017 | 12:00 WIB

Persiapkan rencana keuangan untuk menyambut kedatangan bayi

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Epidemiology and Community Health menunjukkan menjadi orangtua yang memiliki anak ternyata membantu meningkatkan angka harapan hidup.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Penelitian ini dilakukan para ahli kesehatan di Swedia. Mereka melakukan penelitian ini berdasarkan 1,5 juta orangtua yang setidaknya memiliki satu orang anak.

Hasilnya, pada usia 60 tahun, ayah yang memiliki minimal satu anak bisa bertahan hidup dua tahun daripada ayah yang tidak mempunyai anak.

(Jangan Menyerah, Kita Pasti Bisa Menjadi Orangtua yang Lebih Baik bagi Anak ADHD!)

Sementara untuk ibu di usia 60 tahun juga, ibu bisa bertahan 18 bulan lebih lama daripada ibu yang tidak mempunyai anak.

Mereka mengklaim jika kehadiran anak-anak mampu memberikan dukungan penting kepada orangtua. Bahkan semakin tua usia orangtuanya, maka angka harapan hidupnya bisa semakin meningkat.

“Dukungan dari anak-anak bisa membantu kesehatan dan umur panjang orangtuanya,” ucap ahli kesehatan di Swedia tersebut seperti dilansir dailymail.co.uk.

Penelitian serupa juga dilakukan oleh para ilmuan dari Karolinska Institute di Stockholm. Menurut mereka semakin tua usia orangtua yang memiliki anak, maka angka harapan hidupnya bisa semakin meningkat.

(Orangtua Jangan Terlalu Memaksa karena Setiap Anak Terlahir Spesial dan Berharga!)

Seperti pada usia 80 tahun, pria dengan anak bisa bertahan sekitar 7,7 tahun dibanding pria yang tidak memiliki anak. Rata-rata tujuh tahun.

Sementara ibu pada usia 80 tahun, bisa mendapat angka harapan hiduo 9,5 tahun daripada ibu yang tidak memiliki anak. Rata-rata 8,9 tahun.

Jadi, patut bersyukur bagi kita para orangtua yang memiliki anak. Sedangkan bagi orangtua yang belum memiliki anak tetap semangat dan jangan pernah menyerah untuk mendapatkannya.