Find Us On Social Media :

Inilah Hal-hal yang Belum Kita Ketahui tentang Rudy Hartono, si Raja All England yang Gampang Grogi

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 13 Maret 2017 | 15:00 WIB

Rudy Hartono, Maestro Bulu Tangkis 'Buka Kartu' (2)

Intisari-Online.com - Rudy Hartono sebagai legenda bulutangkis Indonesia, sudah banyak yang mafhum. Rudy Hartono pernah meraih gelar juara All England tujuha kali berturut-turut, semua orang juga tahu. Tapi pernahkah Anda mendengar, ada pensiunan meninggal karena serangan jantung saat Rudy tertinggal dalam sebuah pertandingan?

Kalau mau jujur, belum banyak yang kita ketahui tentang laki-laki kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini. Dilansir dari buku Rajawali Dengan Jurus Padi yang terbit 1986, setidaknya ada 11 hal yang belum kita ketahui tentang Raja Bulutangkis yang memenangi 8 gelar All England itu.

(Rudy Hartono, Maestro Bulu Tangkis 'Buka Kartu')

#1

Rudy Hartono ternyata sosok yang rendah hati dan gampang grogi, dan ini membuatnya sulit berceritanya tentang kesuksesannya menjuarai All England. Bahkan pada 1972, ketika Presiden Soeharto memintanya bercerita secara langsung, ia lebih banyak terdiam dan mengangguk-angguk saja.

#2

Untuk mewujudkan keinginan ibunya, setamat SMA tahun 1969, Rudy pernah mendaftar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Dan ia pun diterima kuliah di sana.

#3

Pertandingan di turnamen resmi untuk terakhir kali adalah melawan Luan Jin dari China di Piala Thomas 1982. Rudy kalah dalam pertandingan itu.

#4

Rudy pernah bermain film berjudul Matinya Soerang Bidadari (1971) dengan lawan main Poppy Dharsono. Tapi gara-gara digosipkan yang tidak benar, ia mengaku kapok bermain film.

#5