Find Us On Social Media :

'Sayalah yang Mengantar Tokoh-tokoh Petinggi Nazi ke Tiang Penggantungan'

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 26 Juli 2018 | 21:30 WIB

 

Intisari-Online.com – Dua puluh lima tahun lebih telah berlalu ketika tokoh-tokoh Nazi dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan internasional di Neurenberg.

Sepuluh dari 12 tokoh Nazi telah dihukum gantung. Apa persisnya yang terjadi pada saat-saat terakhir?

Komandan penjara waktu itu, Burton C. Andrus menceritakan pengalaman-pengalamannya seperti pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Agustus 1973 berikut ini.

Peristiwa ini terjadi tanggal 16 Oktober 1946, sejenak setelah tengah malam.

Baca juga: Lucu, Raja Inggris Sembunyikan Mahkotanya yang Sangat Mahal di Kaleng Biskuit Agar Tak Dirampas NAZI

Saya, Burton C. Andrus, berjalan dalam taman penjara Neurenburg menuju ke blok tempat orang-orang yang dihukum mati sedang berada.

Di depan sel Joachim von Ribbentrop saya berhenti. Penjaga membuka sel: Mari ikut dengan saya, katanya pada Ribbentrop.

Tangan Ribbentrop terikat ke belakang. Bekas menlu Hitler mengikuti saya, kiri dan kanan dikawal penjaga dan di belakangnya ada seorang pastor.

Tanpa mengucapkan sepatah kata prosessi suram itu menuju ke ruang olahraga penjara. Jarak itu rasanya jauh sekali, seperti tidak ada akhirnya.

Di depan pintu masuk ruangan, saya menyisi, topi helem mengkilat kulepaskan dan memberi kesempatan pada para narapidana untuk masuk dalam ruangan yang terang benderang yang mengantarkan mereka seterusnya seorang mayor Amerika dan dua polisi militer.

Saya masih ingat betul: Mata Ribbentrop menjadi ciut ketika melihat tiang penggantungan. Alat yang ditutupi dengan kain hitam itu dipandang lambat sekali. Pastor mengikutinya.

Baca juga: Bukan dengan Siksaan, Pria Ini Justru Interogasi Tahanan Nazi dengan Lelucon & Candaan