Find Us On Social Media :

Ini Waktunya Mengekspresikan Sayang Anak pada Ibu yang Punya Pekerjaan Paling Sulit di Dunia

By K. Tatik Wardayati, Senin, 23 Juli 2018 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan anak untuk mengekspresikan rasa sayang pada ibu.

Tentunya orangtua juga harus mampu mengekspresikan rasa cintanya kepada anak.

Hari ini, 23 Juli, adalah Hari Anak Nasional, tidak ada salahnya anak-anak pun menyampaikan rasa sayangnya pada ibu yang telah melahirkan dan membesarkan mereka. Tulisan ini diambil dari Tabloid NOVA 1504 Desember 2016.

--

Menurut Nidya Dwika Puteri, M. Psi, Psikolog dari Rumah Sakit Puri Medika Jakarta, ekspresi rasa sayang adalah suatu bentuk komunikasi yang diwujudkan dalam sebuah tindakan yang bertujuan untuk meluapkan emosi positif seperti rasa cinta dan kasih sayang.

Ungkapan atau ekspresi rasa sayang dapat dilakukan dengan banyak cara. Pada dasarnya anak akan belajar dari apa yang ia lihat di dalam lingkungannya.

Baca juga: Setiap Hari Anak Sekolah di Jepang Menyiapkan Sendiri Santapan Makan Siangnya

Anak akan meniru apa yang dilakukan orangtua, bukan melakukan apa yang dikatakan (diperintahkan). Jadi buang jauh-jauh prinsip “do as I say, not as I do“.

“Ekspresikan rasa cinta Anda terhadap anak secara langsung. Tunjukkan rasa senang, bangga dan dukungan kepada sang anak. Pasalnya, perasaan dicintai akan membangkitkan emosi positif pada otak dan berpengaruh pada kemampuan untuk merasakan bahagia di kemudian hari. Jika anak merasa dicintai dan bahagia maka akan mudah pula bagi anak untuk  mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan sayangnya kepada orangtua.”

Berikut cara-cara untuk mengekspresikan rasa sayang anak kepada sang ibu:

Mengungkapkan dengan ucapan

Anak dapat mengekspresikan rasa sayangnya kepada sang ibu melalui kata-kata.  Misalnya, ketika pagi sang ibu telah menyiapkan sarapan maka anak dapat mengatakan “Terima kasih Ibu untuk roti bakar dan susunya. Aku jadi lebih bersemangat hari ini. Aku sayang sekali sama ibu” .

Baca juga: Justru akan Memberi Efek Negatif kepada si Kecil, Ini 5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Harus Memarahi Anak di Depan Umum