Find Us On Social Media :

Lima Masalah Kesehatan Ini Akan Menyerang Anda Jika Malas Menggosok Gigi

By Ilham Pradipta M., Sabtu, 11 Februari 2017 | 07:02 WIB

Pilihlah sikat gigi dengan bulu-bulu sikat yang lembut, lunak, dan berujung bulat.

Intisari-Online.com – Meskipun ukurannya kecil-kecil, tapi dampak bagi kesejhatan bisa fatal bila gigi kita bersmasalah. Apa pasal? Sebab kesehatan gigi dan gusi berkaitan erat dengan timbulnya berbagai penyakit di bagian tubuh lain. Mulai dari masalah kesehatan otak hingga jantung. Cukup mengerikan, bukan?

1. Bisa menyebabkan alzheimer 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan mulut bisa berhubungan dengan peningkatan risiko demensia dan alzheimer. Kok bisa? Kata  para ahli, bakteri mulut dapat menyebar ke otak melalui saraf kranial yang menghubungkan rahang dan aliran darah. Nah, kalau bakteri yang terkait dengan alzheimer itu telah bermigrasi ke otak, alhasil risiko terserang penyakit tersebut semakin membesar.

(Ini Dia, Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Gigi)

2. Gula darah bermasalah 

Orang dengan diabetes lebih mungkin memiliki penyakit periodontal, dibandingkan orang tanpa diabetes. Hal ini dipengaruhi karena rentannya penderita diabetes terhadap infeksi. Menurut para ahli, penyakit gusi juga bisa membuat tubuh lebih sulit untuk mengendalikan gula darah.  Setelah gula darah bermasalah, penyakit gusi bisa meningkatkan gejala diabetes.

3. Bisa menyebabkan masalah pernapasan 

Penyakit gusi bisa meningkatkan risiko infeksi pernapasan. Contohnya seperti penyakit paru   chronic obstructive pulmonary disease (COPD) dan pneumonia. Menurut Journal of Periodontolog, infeksi ini bisa disebabkan ketika bakteri mulut terhirup ke paru-paru sehingga menyebabkan peradangan.

4. Mempengaruhi kesuburan 

Hasil penelitian di Australia mengatakan, wanita usia subur yang memiliki penyakit gusi, membutuhkan waktu tujuh bulan untuk hamil. Sedangkan wanita subur tanpa penyakit gusi, hanya membutuhkan waktu lima bulan. Penelitian lain juga menemukan bila wanita hamil dan juga menderita penyakit gusi, memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi.

5. Memicu penyakit jantung 

Orang degan penyakit gusi memiliki hampir dua kali kemungkinan untuk menderita penyakit arteri koroner. Sebelumnya, para peneliti tidak yakin mengapa hal itu bisa terjadi. Namun, suatu teori mengatakan kalau hal itu disebabkan bakteri dari mulut kita. Bakteri itu bisa memasuki aliran darah dan membawa plak-plak ke pembuluh darah di jantung kita. Imbasnya, bisa menyebabkan peradangan dan risiko gumpalan darah yang bisa memicu serangan jantung.

Anda tak mau bukan lima masalah kesehatan itu mengantui diri Anda? So, rajinlah menyikat dan merawat kesehatan gigi dan mulut.