Find Us On Social Media :

Hati-hati, Terlalu Banyak Berhubungan Seks Bisa Bikin Sulit Hamil

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 9 Februari 2017 | 20:40 WIB

Wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ikan mentah

Intisari-Online.com - Sulit hamil memang disebabkan ketidaksuburan salah satu pasangan atau bahkan keduanya. Tapi sebenarnya ketidaksuburan itu bisa terhindarkan jika kita mau mencari tahun akar persoalannya. Selain itu, ada sebab lain, yang kadang kurang mendapat perhatian karena dianggap sepele, yang membuat seseorang sulit hamil. Terlalu banyak berhubungan seks, misalnya.

Menurut sebuah studi, terlalu sering berhubungan seks bisa menurunkan jumlah sperma. Tentu saja itu bukan satu-satunya. Setidaknya masih ada sembilan penyebab lainnya yang menyebabkan perempuan sulit hamil. Yuk kita urut satu per satu.

Terlalu lelah bekerja

Studi baru di jurnal Occupational and Environmental Medicine menemukan, perempuan yang mengangkat beban berat di tempat kerja mungkin sulit hamil.

“Jika Anda bekerja shift malam atau membutuhkan tenaga berat, saat ingin hamil pertimbangkan untuk memprioritaskan tidur, gizi, dan olahraga,” kata Dr Diana Bitner, dokter kebidanan di Spectrum Health Medical Group, Grand Rapids, Michigan.

Indeks massa tubuh terlalu besar

Hubungan antara kelebihan berat badan dan masalah ketidaksuburan sudah lama diketahui tetapi riset baru dari National Institute of Health menunjukkan sesuatu yang baru. Tak hanya pada perempuan, laki-laki yang punya indeks massa tubuh lebih besar juga disebut lebih lama mendapatkan momongan.

Terlalu stres

Tak hanya bagi mereka yang sedang hamil, stres juga tidak baik bagi mereka yang sedang berusaha hamil. Studi tahun 2014 meneliti 400 pasangan selama 12 bulan dan menemukan perempuan dengan kadar alfa amilase, sebuah biomarker stres, dua kali berisiko mengalami infertilitas dibandingkan yang memiliki kadar terendah.

Berlatih terlalu keras di gym

Periset mengatakan olahraga ekstra berat berdampak pada ovulasi. Jika sulit hamil, berhentilah berolahraga berat.

Terlalu banyak nonton TV