Find Us On Social Media :

Kabar Gembira, Setiap Warung Kopi di Kota Ini akan Dilengkapi Buku-buku Perpustakaan

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 23 Januari 2017 | 11:31 WIB

Warkop Sweetness 588 Kota Parepare

Intisari-Online.com - Ini adalah kabar gembira bagi para pencinta buku maupun kopi. Menurut kabar yang beredar, setiap warung kopi di Parepare akan dilengkapi buku-buku perpustakaan oleh Perpustakaan Kota di sana.

(Demi Tingkatkan Minat Baca, Pasangan Suami-Istri Ini Menyulap Angkot Jadi Perpustakaan)

Setidaknya ada sekitar 10 ribu koleksi buku yang ada di Perpustakaan Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Rencananya, buku-buku itu akan dipinjamkan ke warung-warung kopi itu--lantaran sepinya minat orang mengunjungi perpustakaan.

Sebagai langkah awal, Kepala Bidang Pengelolaan, Layanan, dan Pelestarian Bahan Pustaka Perpustakaan Kota Parepare Rasdi Adam akan mengundang semua pengusaha warung kopi yang ada di kota tersebut. Setelah itu ia akan memastikan bahwa setiap warung kopi telah tersedia rak untuk menampung buku-buku pinjaman tersebut.

“Kami akan meminjamkan sekitar 100 sampai 200 judul buku ke warung kopi. Setiap bulannya, kami akan mengganti judul buku tersebut dengan jumlah yang sama agar penikmat kopi tidak bosan,” ujar Rusdi, seperti dilaporkan Kompas.com.

Gayung bersambut. Rencana ini langsung mendapat respon baik dari para pemilik warung kopi. Bambi, pengelola warung kopi Sweetness 588, menyebut program ini sangat bagus dan bisa menambah ide dan inspirasi para penikmat kopi yang berkunjung ke warung-warung itu.

“Jika para penikmat kopi ini membaca buku, niscaya mereka akan mendapatkan inpirasi yang lebih banyak,” tukasnya. Jadi, ngopi tidak sekadar ngopi.

Kira-kira, kapan ide ini bakal ditiru Pemerintah Kota lainnya?