Find Us On Social Media :

Lima Aktivitas Sehat Sebelum Tidur

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 17 Januari 2017 | 22:00 WIB

Ini Dia, Enam Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi 3 Liter Air Putih Sehari

Intisari-Online.com - Bagaimana mengakhiri hari sama pentingnya dengan mengawali hari. Untuk itu, tidur berkualitas sangat diperlukan. Bahkan ini turut menentukan mood di sepanjang hari. Nah, berikut lima aktivitas sehat sebelum tidur.

(Ingin Tidur Berkualitas? Hindari Memeriksa Ponsel Sebelum Tidur)

1. Mengonsumsi Kiwi

Penelitian dari Taiwan pada 2011, menemukan, mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat membuat tidur lebih cepat, yakni 35% dan 13% tidur lebih nyenyak. Hal ini disinyalir karena kandungan antioksidan yang tinggi, yakni vitamin C dan E, yang dapat membantu mengatur neurotransmitter (terkait dengan siklus tidur yang sehat) di otak.

2. Meditas

Penelitian dalam jurnal JAMA Internal Medicine, menemukan, meditasi dapat membantu melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Sebelum tidur, cobalah untuk melakukan meditasi, seperti menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskannya secara perlahan selama 5-10 menit.

(Sebaiknya Jangan Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Tidur)

3. Mandi air hangat

Menurut para ilmuwan, mandi di malam hari dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur lebih lelap. Sebab, air hangat memiliki efek melemaskan tubuh dan memberikan rileksasi yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Konsumsi air putih

Minum air putih secukupnya sebelum tidur dapat membantu keseimbangan hormon, otot, dan persendian. Kondisi ini akan membantu memberikan rasa rileks, sehingga tidur lebih nyenyak. Selain itu, air putih juga membantu membersihkan toksin dari makanan.

(Hindari Makanan Ini Sebelum Tidur)

5. Membaca

Penelitian dari University of Sussex pada 2009, mengungkapkan, membaca sebelum tidur dapat membantu mengurangi stres hingga 68%. Bahkan, membaca hanya enam menit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.