Find Us On Social Media :

Semenit Jeda, Stres Reda

By Gloria Samantha, Sabtu, 14 Januari 2017 | 14:33 WIB

Gejala-Gejala Stres Ini Jangan Sampai Diabaikan!

Intisari-Online.com - Stres yang merupakan gangguan psikis juga bisa berefek terhadap gangguan kesehatan fisik. Stres sehari-hari terjadi karena bermacam penyebab dan tak bisa dicegah ataupun dihilangkan secara permanen. Meski demikian, ia tetap bisa diringankan.

Tiap orang, khususnya bagi mereka yang menetap di kota-kota besar, rentan dilanda stres harian. Bahkan beberapa karier tertentu bisa lebih besar kans mengalami stres tingkat tinggi.

(Catat! Inilah Tanda-tanda Stres pada Anak)

Salah satu kiat mudah meredakan stres adalah dengan mengambil jeda di tengah aktivitas apa pun yang kita lakukan. Berikut ini hal-hal yang umumnya bisa meredakan stres dalam semenit atau dua menit jeda, dihimpun dari berbagai studi baru.

Bernapas.

Sering disebutkan dalam banyak studi tentang keterkaitan antara menarik napas dalam-dalam dengan kemampuan tubuh menghadapi stres. Mengapa demikian? Stres cenderung membuat tarikan napas jadi berat; dan tarikan napas yang teratur dapat mengembalikan ketenangan lantas mengolah perspektif kita menangkap suatu persoalan lebih baik.

Tertawa.

Cara lain meredakan stres adalah dengan dengan tertawa. Tertawa lepas mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Tertawalah saat ada hal yang lucu. Jika tidak ada yang lucu, berdayakan daya imajinasi kita untuk memancing tawa.

Meditasi.

Fokus dan meditasi memiliki pengaruh ke area materi abu-abu dalam otak yang bertugas mengelola emosi, pembelajaran, dan memproses ingatan.

Satu tujuan.

Jika kita terbiasa high-level multitasking, ketika stres mulai datang, cobalah untuk berkomitmen menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakan tanpa diinterupsi kegiatan lain. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan adanya masalah bekerja dengan sejumlah e-mail masuk yang mengalihkan perhatian. Fokus hanya melakukan satu pekerjaan dan menikmatinya dapat meredakan stres.

Cobalah!