Find Us On Social Media :

Ini Tips Menyimpan Makanan di Lemari Pendingin

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 6 Januari 2017 | 17:45 WIB

Menyimpan Makanan di Kulkas

Intisari-Online.com – Musim hujan seperti sekarang ini membuat para ibu mager (alias malas bergerak) untuk ke pasar. Padahal mereka harus tetap menyajikan masakan untuk keluarganya. Solusi satu-satunya adalah berbelanja dengan jumlah yang lebih banyak, lalu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Makanan yang disimpan di lemari pendingin ataupun freezer memang bisa tahan lebih lama. Bagaimana cara penyimpanan yang baik, agar mutu makanan terjaga?

(Makanan Wajib Dalam Kulkas )

Makanan kemasan biasanya dilengkapi dengan masa kedaluwarsa.  Walau disimpan di lemari pendingin kalau sudah lewat masa kedaluwarsanya, sebaiknya jangan dimakan.

Makanan olahan beku seperti nugget, kentang goreng, begitu sampai di rumah harus segera dimasukkan ke freezer. Begitu kemasannya dibuka, sisa isinya harus dihabiskan dalam 2 – 3 hari.

Atur letak makanan agar sirkulasi udara di lemari es tetap baik.

Saat akan mencairkan makanan beku, keluarkan dari freezer sejak malam sebelumnya dan taruh di cooler. Kalau dicairkan di microwave, harus langsung dimasak karena makanan tersebut sudah setengah matang.

Makanan olahan seperti kentang goreng atau nugget tidak perlu dicairkan tapi langsung digoreng saja. Sebelum menggoreng baca petunjuknya.

Bahan makanan yang sudah dicairkan jangan dibekukan kembali. Lebih baik makanan tersebut dimasak lalu simpan di freezer lagi bila belum akan dimakan.

Bahan makanan yang akan disimpan di freezer sebaiknya tidak disimpan dalam kemasan besar. Bagilah satu bagian untuk satu kali pakai menjadi beberapa bagian.

Mentega, margarin dan jenis lemak lainnya yang disimpan di lemari pendingin harus dalam kemasan aslinya.