Find Us On Social Media :

Terlalu Sering Menggunakan Gawai Picu Migrain

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 6 Januari 2017 | 09:06 WIB

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Jika Sedang Migrain! (1)

Intisari-online.com—Apakah Anda memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ponsel, laptop, maupun gawai-gawai lainnya? Apakah Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk browsing, chatting, menonton film, dll. dengan gawai Anda?

Jika ya, apakah Anda sering mengalami migrain setelah melakukan aktivitas tersebut? Tahukah Anda bahwa terlalu sering terpapar gawai bisa menyebabkan migrain?

(Deteksi Kecanduan Belanja Online dari 10 Tanda Ini)

Dalam studi medis mengenai sakit kepala, melihat layar gawai secara berlebihan bisa jadi biang kerok penyebab sakit kepala sebelah alias migrain.

Dalam studi yang melibatkan sekitar 5.000 orang dewasa berusia 20 tahun, menunjukkan bahwa paparan layar komputer, tablet, ponsel, smart phone, televisi, dll. berhubungan dengan sakit kepala yang dialami.

(Ternyata Gejala Migrain Bisa Berbeda pada Setiap Orang)

Hasilnya menemukan bahwa semakin banyak waktu yang digunakan bersama gawai, serangan sakit kepala sebelah juga meningkat. Blue light yang dipaparkan melalui layar TV atau ponsel yang jadi penyebabnya.

Orang yang terlalu sering menggunakan gawainya juga sering jadi lupa waktu. Sehingga ia tidak makan dan kurang tidur. Hal ini juga menjadi pemicu munculnya migrain.

Sehingga tidak heran, menggunakan gawai justru bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami sakit kepala sebelumnya. Bagaimana cara membatasi gawai agar tak bikin migrain? Cobalah langkah berikut ini:

  1. Buat jadwal “no gadget” di rumah Anda, misalnya saat makan malam dan berkumpul bersama keluarga.
  2. Buat timer untuk penggunakan komputer maupun TV
  3. Jauhkan ponsel dari Anda di malam hari.
  4. Cari hobi lain yang tidak memerlukan gadget.

Dengan membatasi diri kita untuk menggunakan gawai, tidak hanya migrain, niscaya penyakit-penyakit lain pun tidak timbul.

(Kenali 10 Pemicu Migrain