Find Us On Social Media :

Kenapa Bentuk dan Ukuran Payudara Saya Tidak Sama?

By Ade Sulaeman, Kamis, 29 Desember 2016 | 16:05 WIB

Bila payudara besar cenderung melorot, payudara kecil lebih tetap bentuknya.

Intisari-Online.com - Beberapa wanita merasa resah ketika menyadari bentuk atau ukuran payudara yang dimilikinya tidak sama alias asimetris. Padahal, pada dasarnya hal ini sangat wajar. Bahkan dapat dikatakan bahwa secara normal, jarang sekali ada wanita yang memiliki bentuk dan ukuran payudara yang sama antara kiri dan kanan.

(Yana Zein Didiagnosis Kanker Payudara: Bagaimana Rambut Pasien Kanker Payudara Rontok?)

Memang, hanya sebagian kecil wanita yang memiliki ukuran bentuk dan posisi payudara yang secara jelas terlihat berbeda. Sebagian besar justru memiliki perbedaan yang cenderung tersamarkan, terutama setelah berpakaian.

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil mengungkapkan secara pasti mengapa bentuk dan ukuran payudara pada setiap wanita cenderung berbeda. Asumsi yang paling kuat adalah faktor gen.

Semuanya diduga diawal saat wanita mengalami pubertas dimana hormon estrogen mulai mendorong pertumbuhan payudara selama empat tahun. Nah, dalam proses pertumbuhan tersebut, diduga ada beragam hal terjadi, yang mempengaruhi bentuk dan ukuran payudara.

(Yana Zein Didiagnosis Kanker Payudara: Lima Rahasia Kanker Payudara yang Belum Kita Ketahui)

Perubahan bentuk dan ukuran payudara, yang tidak terjadi secara seimbang antara payudara kiri dan kanan kembali terjadi saat wanita mengalami kehamilan dan menopause.

Faktor lainnya yang dapat membuat bentuk dan ukuran payudara berubah adalah kelainan. Kondisi ini, menurut para pakar, terjadi pada 1 dari 20 wanita.

Kondisi perkembangan payudara yang terhambat (hypoplasia), atau sebaliknya tumbuh secara berlebihan (hyperplasia) adalah masalah yang umum terjadi.

(Wanita, Inilah Tanda Peringatan Kanker Payudara yang Wajib Diketahui)

Meski normal, jika payudara asimetris, terutama secara ukuran dan signifikan, maka ada beberapa dampak buruk yang muncul. Antara lain, nyeri punggung dan leher, serta iritasi pada kulit akibat pakaian dalam yang kurang pas.

Jika memang sudah sangat parah, maka pilihan yang bisa diambil adalah operasi payudara dengan tujuan membuat bentuk dan ukuran payudara sama atau tidak jauh berbeda.