Find Us On Social Media :

Inilah Empat Orang yang Harus Diemui Saat Ingin Memulai Bisnis

By Lintang Bestari, Selasa, 27 Desember 2016 | 08:00 WIB

Berbincang dengan sesama pebisnis bisa memberikan pandangan baru dalam menyelesaikan masalah

Intisari-Online.Com – Bertemu dengan banyak orang baru bisa meningkatkan pengetahuan dan koneksi kita. Jika ingin memulai bisnis, tak ada salahnya meyimak nasihan empat orang yang harus ditemui saat ingin memulai bisnis ini.

Mentor atau Guru

Mentor adalah seseorang yang sudah melakukan apa yang ingin kita lakukan. Ia kaya pengetahuan, kebijaksanaan dan pengalaman yang belum kita miliki. Dengan begitu, mentor bisa membantu kita dalam menangani masalah bisnis dengan nasihat, sumber daya, dan perspektif baru.

Pakar

Salah satu cara terbaik untuk membangun reputasi di pasar bisnis adalah dengan bertemu orang-orang yang sudah mempunyai ‘nama’ di sana. Ada dua manfaat terkait hal ini. Pertama, kita akan meraih reputasi karena berteman dengan influencer masyarakat ini – bisa saja menambah followers di media sosial dan semakin mudah mempromosikan bisnis kita. Kedua, para pakar ini bisa merekomendasikan sumber daya, kesempatan, dan kontak beberapa orang yang bisa membantu menjalankan usaha kita.

Sesama pengusaha

Meskipun tidak memiliki pengalaman sebanyak mentor dan tidak seberpengaruh pakar, namun sesame pengusaha juga bagus untuk kita temui. Mereka sedang menjalankan hal yang sama dengan kita dan memiliki masalah yang sama pula. Dengan begitu, kita bisa berbagi cerita dan berupaya menemukan solusinya bersama-sama.

Investor

Bisnis kita memerlukan modal dan terkadang yang dibutuhkan cukup banyak. Untuk mengakomodasi hal tersebut, sebaiknya temui investor yang siap mendukung usaha kita. Investor juga merupakan sumber berharga yang bisa memberikan kebijaksanaan dan koneksi – apalagi jika mereka memegang prinsip ‘sama rata’ dalam berbisnis.

Itulah empat orang yang harus kita temui jika ingin memulai bisnis. Selamat mencoba!