Find Us On Social Media :

Berapa Lama Sebaiknya Bayi Tidur?

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 17 Desember 2016 | 08:07 WIB

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan waktu tidur rata-rata 16-17 jam setiap harinya

Intisari-Online.com - Bagi para orangtua, khususnya mereka yang baru memiliki bayi, tentu akan menemui hal baru yang harus dipelajari tentang si buah cinta, termasuk kebutuhan tidur. Akan tetapi, berapa lama bayi sebaiknya tidur, baik di siang hari maupun malam hari?

(Perlu Diketahui, Bayi Tak Perlu Bedak dan Minyak!)

Seperti diketahui, bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktu untuk tidur. Mereka memerlukan tidur yang panjang demi menunjang tumbuh kembangnya.

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan waktu tidur rata-rata 16-17 jam setiap harinya. Ditambah lagi, terkadang mereka tidur selama tiga sampai empat jam di waktu senggang. Mereka hanya terbangun sekitar dua jam. Biasanya, terbangun karena lapar dan akan kembali tidur ketika sudah kenyang.

(Tawa Bayi Kurang dari Satu Tahun Bukan Tawa Natural?

Bayi juga tidak memahami perbedaan antara siang dan malam. Oleh sebab itu, para orang tua perlu bersabar ketika harus terbangun di malam hari.

Meski demikian, seiring pertumbuhan, bayi akan mengalami perubahan pola dan watu tidur. Mereka akan mulai  menyesuaikan gaya hidup di luar rahim. Secara bertahap, mereka menjadi lebih menyenangkan dan aktif di siang hari.

(Bagaimana Membuat Bayi Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam?)

Selain itu, mereka juga mulai tidur lebih banyak di malam hari dibandingkan ketika pertama kali lahir. Oleh karena itu, para orang tua harus membuat jadwal tidur yang tepat untuk si kecil. Hal ini akan banyak membantu dalam jangka panjang.