Find Us On Social Media :

Exocet si Rudal Jarak Jauh yang Kini Jadi Andalan TNI Ini Dulu Pernah Menghajar Kapal-Kapal Perang Inggris di Perang Falkland

By Agustinus Winardi, Sabtu, 9 Juni 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Di tengah persaingan kepemilikan rudal balistik yang dimiliki oleh sejumlah negara seperti Rusia, India, Pakistan, China, AS, dan Korut, Indonesia ternyata sudah memiliki rudal jarak jauh Exocet MM40 Block 3.

Rudal penghancur kapal perang buatan Prancis yang dimiliki TNI AL dan telah dipasang pada sejumlah kapal perang itu merupakan rudal Exocet generasi mutakhir yang bisa menghantam sasaran pada jarak 200 km.

Kapal perang yang bisa dibuat rusak parah oleh hantaman sebuah rudal Exocet MM40 Block 3 bahkan termasuk kapal induk seperti yang dimiliki oleh AS dan China.

Jika sejumlah Exocet MM40 Block 3 yang berpemandu GPS itu ditembakkan sekaligus ke kapal induk, besar kemungkinan kapal induk tersebut akan tenggelam.

Indonesia memang sudah sejak lama (1980-an) menjadi pelangaan pengguna rudal Exocet mulai dari rudal Exocet AM 39 yang bisa diluncurkan dari jet tempur atau helikopter, Exocet MM40 Block II, dan Exocet MM40 Block 3.

Baca juga: Meski Mesin Kapalnya Mati, Pasukan Infiltran TNI AL Ini Berhasil Memenangkan Pertempuran saat Dikeroyok Pesawat Tempur dan Kapal Perang Belanda

Rudal Exocet AM 39 pernah digunakan oleh militer Argentina dalam Perang Falkland melawan Inggris (1982) dan akibatnya sungguh luar biasa.

Sebanyak enam kapal perang Inggris berhasil ditenggelamkan oleh rudal Exocet dan satu kapal induk, yakni HMS Invincible, dibuat rusak hanya oleh satu tembakan rudal Exocet AM 39.

Pada saat itu, Argentina ternyata tinggal memiliki satu rudal Exocet untuk menyerang kapal induk Inggris dan pemerintah Argentina sebenarnya pernah berniat membeli rudal-rudal Exocet milik Indonesia tapi ditolak.

Pasalnya jika Indonesia sampai menjual Exocetnya ke Argentina meski dibeli dengan harga tinggi, risikonya besar karena oleh Inggris, Indonesia bisa dianggap membantu Argentina.

Hingga saat ini rudal-rudal Exocet AM 39 masih tersimpan dengan baik, termasuk Exocet  MM40 Block II dan Exocet MM40 Block 3.

Baca juga: Kopaska TNI AL, Pasukan Elite dengan Tampilan Paling Menyeramkan Nomor 4 di Dunia, Nomor 1-nya?

Pada 2015 lalu, KRI Bung Tomo bahkan sudah melakukan uji coba penembakan rudal Exocet MM40 Block Ii di Laut Jawa dengan sasaran eks KRI Kupang dan berhasil dengan sangat  baik.