Find Us On Social Media :

Bahasa Mandarin Paling Banyak Digunakan di Dunia

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 26 November 2016 | 13:02 WIB

Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling banyak digunakan

Intisari-Online.com - Selama ini bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan dalam dunia internasional. Bahkan, bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang penting dikuasai dalam dunia kerja. Namun kini, bahasa Inggris tidak lagi menjadi bahasa populer. Bahasa Mandarin justru menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Baca juga: Kemampuan Multibahasa Bikin Gaji Lebih Legit

Hal tersebut berdasarkan temuan Etnologue, sebuah lembaga jasa lingustik, pada 2009, ada sekitar 7.358 bahasa di dunia. Jumlah itu meningkat dari 2005 yang sebanyak 6.912. Mengejutkannya, meski menjadi bahasa bahasa resmi yang banyak digunakan, baik oleh beberapa negara di dunia sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasional, organisasi internasional, ekonomi global, nyatanya bahasa Inggris justru berada di peringkat ketiga dalam jumlah penuturan.

Bahasa Mandarin justru berada di urutan pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan, disusul bahasa Spanyol di peringkat kedua. Selain itu, bahasa Mandarin juga menjadi salah satu bahasa resmi yang digunakan dalam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) selain bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, dan Arab.

Baca juga: Karier Melesat Berkat Multibahasa

Tak heran, bahasa Mandarin kini menjadi salah satu bahasa asing yang harus dikuasai oleh para pekerja. Menurut Ardiningtiyas Pitaloka (38), pakar karier di Konsultankarir.com, bahasa Mandarin menjadi bahasa populer di dunia tak terlepas dari ekonomi global saat ini. Pasalnya, Tingkok banyak melakukan investasi maupun proyek di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ditambah lagi, dalam industri manufaktur maupun non-manufakur sering menjadi pemasok, sehinggga memerlukan tenaga kerja asing tidak hanya dalam negosiasi, tapi juga koordinasi.

Nah, tak ada salahnya belajar bahasa Mandarin demi menambah kemampuan bahasa asing yang dimiliki.