Find Us On Social Media :

Penglihatan Kabur, Salah Satu Tanda dari Tekanan Darah Rendah

By Ilham Pradipta M., Kamis, 10 November 2016 | 13:03 WIB

Tekanan darah rendah bisa menyebabkan terganggunya aliran darah ke seluruh tubuh.

Intisari-Online.com – Jangan pernah anngap remeh tekanan darah rendah atau hipotensi. Kondisi medis ini bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu “berkenalan” dengan tanda-tandanya.

1. Pusing atau sakit kepala ringan 

Pusing atau sakit kepala ringan merupakan gejala yang paling umum dari hipotensi. “Hal ini sering dikaitkan dengan perubahan posisi seperti berdiri degan cepat setelah bangun tidur di pagi hari, dan dapat menyebabkan pingsan secara signifikan,” jelas Nicole Weinberg, MD, direktur Pacific Heart Institute's Women's Heart Center pada Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California, US.

2. Kurang konsentrasi 

Ada banyak hal yang bisa menjelaskan secara logis dari turunnya konsentrasi seseorang. Seperti stres, jadwal yang padat, hingga kurang tidur. Namun, kalau kita memiliki tekanan darah rendah kronis, hal itu juga bisa membuat konsentrasi jadi turun. Sebab darah tidak dapat mengalir ke otak secara optimal sehingga menyebabkan sel-sel otak “kelaparan”.

3. Dehidrasi 

Meskipun dapat menyebabkan berbagai macam hal, dehidrasi juga bisa membuat tekanan darah rendah turun secara drastis dan membahayakan tubuh. Jika kita memiliki tekanan darah kronis, tubuh akan sulit untuk mampu memuaskan kehausan yang terjadi. Sebaiknya, mintalah bantuan medis untuk mencari solusinya.

4. Kulit terasa dingin dan berkeringat 

Tekanan darah rendah  dapat mencegah tubuh untuk mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Parahnya, hipotensi ini benar-benar dapat mengganggu peredaran darah secara ekstrem. Jika hal itu terjadi, kulit pun akan mengalami beberapa perubahan. Seperti terasa dingin dan berkeringat. Selain itu, tekanan darah rendah juga bisa memunculkan tanda biru atau abu-abu pada kulit. Nah, hal ini merupakan indikator hipotensi serius dan perlu segera ditangani.

5. Kelelahan 

Kelelahan merupakan gejala samar-samar yang mungkin memiliki berbagai penyebab. “Bila seseorang minum obat yang baru diberikan dokter, dan merasa kelelahan sepanjang hari, mungkin ia memiliki tekanan darah rendah,” ujar Weinberg. Selain itu, orang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya juga memiliki tingkat hemoglobin yang rendah. Nah, kondisi inilah yang dapat menyebabkan kelelahan.

6. Penglihatan kabur 

Salah satu efek samping yang lebih serius dari tekanan darah rendah adalah terjadinya perubahan pada penglihatan. Biasanya penglihatan seseorang akan menjadi kabur. Jangan anggap remeh yang satu ini, sebab efeknya bisa bertahan lama, bahkan permanen. Sebaiknya segeralah pergi ke dokter bila penglihatan Anda menjadi kabur.