Find Us On Social Media :

Inilah 8 Masalah yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Warga Jakarta

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 19 Oktober 2016 | 15:48 WIB

Seminar Peduli Kesehatan Warga Jakarta.

Intisari-Online.com- Sebagai manusia, kita perlu mengetahui asal mula dari kesehatan. Sebab penyebab masalah kesehatan ada banyak. Misal dari genetik sampai pengalaman pribadi. Terutama bagi yang banyak melakukan interaksi sosial di kota besar seperti Jakarta.

Secara umum, menurut Sheryl Saragih Turnip, PhD, seorang psikolog dalam sebuah diskusi Peduli Kesehatan Warga Jakarta di Jakarta Barat, sehat itu ada dua, yaitu sehat fisik dan sehat mental. Untuk itu, kita perlu tahu beberapa masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan khususnya tinggal di Jakarta.

Kemiskinan

Ada berbagai arti dalam kemiskinan. Pertama pendidikan rendah yang artinya mereka juga akan mendapat pekerjaan rendah dan pendapatan yang rendah. Kedua tingginya angka kematian anak usia di bawah 5 tahun. Ketiga tingginya angka kematian ibu hamil.

Perubahan sosial yang cepat

Di Jakarta, sering beberapa kali ada perubahan pergantian pejabat. Tentu di setiap pergantian itu terdapat perubahan yang berbeda-beda. Karena style memimpin berbeda-beda. Masalahnya terkadang masyarakat tidak siap menghadapi perubahan yang sangat cepat itu. Misal kenaikan harga atau perubahan layanan kesehatan.

Kondisi tempat kerja yang penuh tekanan

Dunia kerja penuh dengan tugas dan deadline. Sayangnya itu semua tidak sejalan dengan keadaan di Jakarta. Ketika ada deadline dan ingin mengerjakannya di rumah namun ada kecelakaan di jalan yang menyebabkan macet berjam-jam. Deadline pun tidak selesai namun mau tidak mau pekerjaan harus bisa terselesaikan.

Determinasi gender

Emansipasi wanita memang sudah digerakan sejak lama. Tapi masyarakat sadar ada beberapa hal yang memang tidak semua bisa disamaratakan. Terkadang determinasi gender ini berakibat pada masalah kesehatan mental karena terus dipendam terlalu lama.