Find Us On Social Media :

Jia Jia Panda Tertua di Dunia Meninggal Dunia

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 17 Oktober 2016 | 07:26 WIB

Jia Jia panda tertua di dunia

Intisari-Online.com - Masih ingat dengan Jia Jia yang pernah dinobatkan sebagai panda tertua di dunia? Minggu (16/10) kemarin, pihak Ocean Park, Hong Kong, mengabarkan dokter telah melakukan eutanasia terhadap panda 38 tahun itu setelah kesehatannya terus menurun dari waktu ke waktu.

Eutanasia dilakukan untuk mencegah supaya si panda tidak merasakan penderitaan yang lebih lanjut—selain juga untuk alasan etis.

Guinness World Records mengakui Jia Jia sebagai panda tertua yang hidung di penangkaran. Rata-rata hidup panda di alam liar adalah 18-20 tahun, sementara panda penangkaran sekitar umur 30 tahun. Kita tahu, perayaan ulang tahun Jia Jia ke-37 tahun lalu dirayakan secara besar-besaran.

Jia Jia lahir di alam liar di Sichuan, China, pada 1978. Jia Jia dan An An, diberikan Beijing kepada Hong Kong pada 1999 sebagai hadiah dua tahun penyerahan kota semi-otonom itu oleh Inggris ke China. Rekor panda tertua sebelumnya dipegang oleh panda jantan Du Du, yang juga ditangkap di alam liar dan meninggal pada Juli 1999 di kebun binatang di Provinsi Hubei, China. Waktu itu Du Du berusia 36 tahun.

Baca juga: Selamat Ulang Tahun ke-37 Jia Jia, Panda Raksasa Tertua di Dunia

Panda, yang dianggap sebagai simbol cinta di China, disebut sebagai salah satu hewan paling terancam punah di dunia—meskipun sebulan yang lalu kelompok internasional mengklarifikasi kriteria itu dan menggantinya dengan kriteria “rentan”.

Belakangan sebelum meninggal, Jia Jia memang telah menunjukkan tanda-tanda menurunnya kesehatan. Ia menderita tekanan darah tinggi, juga arthritis, yang memerlukan pengobatan yang tidak biasa. Selama dua minggu terakhir, kondisinya semakin memburuk secara signifikan. Berat badannya juga terus menurun drastis.

“Kami tahu hari ini akan datang, dan sangat menyedihkan bagi semua orang, terutama para penjaga taman yang telah merawatnya selama bertahun-tahun,” ujar pimpinan Ocean Park, Leo Kung. Sementara itu, An An (30 tahun), Ying dan Le Le, dua-duanya 11 tahun, masih dalam kondisi yang sehat-wal-afiyat.