Find Us On Social Media :

8 Cara Melawan Ketagihan Gula

By Nur Resti Agtadwimawanti, Selasa, 21 Februari 2012 | 11:10 WIB

8 Cara Melawan Ketagihan Gula

Intisari-Online.com - Adanya pesta di kantor atau pertemuan keluarga yang menyediakan berbagai macam biskuit, permen, dan kue seakan membuat kita 'lupa diri'. Makanan nan manis itu memang selalu menarik perhatian kita. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, tentu ini akan menjadi bencana bagi Anda. Apakah pada saat itu Anda sudah berusaha menahan untuk tak menyantap sajian manis tersebut? Apakah Anda masih saja 'kebobolan'?

Nah, jika kita tak mengambil tindakan serius, bisa jadi kita menjadi 'pecandu gula'. Kebiasaan buruk ini tentulah tak baik bagi kesehatan. Seperti dikutip dari MyHealthNewsDaily.com, ada beberapa cara untuk melawan rasa ketagihan gula, diantaranya:

  1. Batasi kafein

    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti nutrisi di University of Guelph di Ontario, kafein terbukti meningkatkan kadar glukosa darah sebesar 24 persen. Secara alami, ketika gula darah kita kembali turun, tubuh kita akan mulai ketagihan gula.

  2. Cukup asupan air minum

    Ketika kita dehidrasi, kita cenderung menginginkan gula. Cukup minum juga tak hanya dapat meredam keinginan untuk mengonsumsi gula, tapi juga membantu fungsi tubuh kita agar bekerja dengan benar.

  3. Olahraga

    Olahraga akan melatih pernapasan dan meningkatkan endorfin sehingga membuat tubuh kita terasa lebih baik. Pelampiasan rasa senang atau sedih dengan melahap makanan yang mengandung gula bukanlah ide yang baik. Lebih baik jika kita berolahraga, paling tidak 30 menit, dan itu akan memberikan rasa senang bagi kita. Ingat, makanan bukanlah satu-satunya yang dapat membuat mood kita bagus. Mulailah mencari kegiatan menyenangkan lainnya yang tak berhubungan dengan makanan.

  4. Tidur yang lebih baik

    Kadang-kadang kita merasa bahwa tidur dapat menyembuhkan apa pun. Menurut sebuah penelitian di tahun 2008 dari para peneliti di Rumah Sakit Universitas Leicester NHS Trust di Inggris, tidur yang lebih baik mungkin akan memberikan dorongan energi bagi Anda untuk mengatasi ketagihan terhadap gula. Cobalah untuk tidur minimal 30 menit lebih awal dari biasanya.

  5. Hindari makanan diberi label "bebas lemak" atau "rendah lemak"

    Makanan dengan label seperti ini biasanya mengandung gula lebih banyak daripada makanan yang berlabel penuh lemak. Hal itu disebabkan makanan yang bebas/rendah lemak harus mengimbangi kekurangan rasa dari minimnya rasa dari lemak.

  6. Makan buah dan sayur manis

    Ketika kita benar-benar tak bisa lagi membendung rasa ketagihan gula, kita boleh makan sesuatu yang manis tapi juga sehat. Buah dan sayuran merupakan alternatif yang bagus untuk pengganti permen dan kue.

  7. Gunakan pemanis alami

    Jika kita masih membutuhkan sedikit gula, gunakanlah yang alami. Beberapa contoh pemanis alami adalah gula aren. Pemanis alami itu akan membantu meringankan rasa ketagihan Anda terhadap gula, tanpa menambahkan banyak kalori.

  8. Hiduplah dengan 'manis'

    Jika kita merasa bahagia dan puas, akan kecil kemungkinannya untuk 'memikirkan' makanan dengan kandungan gula. Jika Anda menjalani hidup dengan 'manis', tentu tak perlu lagi rasa 'candu'.