Find Us On Social Media :

3 Cara Terbebas dari Risiko Beryoga

By Ade Sulaeman, Minggu, 24 Februari 2013 | 19:49 WIB

3 Cara Terbebas dari Risiko Beryoga

Intisari-Online.com - Melakukan yoga secara rutin dapat menjaga, atau bahkan meningkatkan kualitas kesehatan kita. Namun, menurut Deborah Enos, seorang nutrisionis, pelatih kesehatan dan pakar penurunan berat badan dari Amerika Serikat menyarankan kita untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari risiko beryoga:

  1. Cari dan telitilah seberapa baik rekam jejak instruktur kita. Yoga, secara umum, memang aman. Sebuah latihan yang dianggap minim risiko. Hanya saja, jika pose yang dilakukan tidak tepat, maka risiko cedera akan muncul. Program latihan yoga juga dibuat beragam, ada yang hanya beberapa hari, ada juga yang sampai tahunan. Temukan instruktur dan program latihan yang paling tepat bagi kita. Jika ragu, tidak adanya meminta rekomendasi dokter.
  2. Periksakan diri jika kita memiliki kondisi medis tertentu. Tidak ada orang yang benar-benar sama, jadi meski yoga dinyatakan dapat mengurangi atau bahkan mengobati masalah klinis, jangan pernah melakukan yoga sembarangan. Selain itu, jangan pernah ragu untuk berbicara dengan dokter kita tentang pro dan kontra dari latihan yang dilakukan.
  3. Hati-hatilah ketika mempertimbangkan untuk mencoba suatu gaya baru dalam latihan yoga. Misalnya saja ketika melakukan bikram yoga yang dilakukan dalam ruangan yang panas, bahkan lembab oleh keringat. Tentunya ini sebuah kondisi yang tidak ideal untuk semua orang. Kalaupun ingin melakukannya, ada baiknya menyiapkan diri dengan minum banyak air putih sebelum memulai latihan dan jangan lupa menggunakan pakaian yang sesuai untuk kondisi tersebut. (MyHealthNewsDaily)