Find Us On Social Media :

Mau Langsing? Olahraga Dulu, Baru Diet

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 25 April 2013 | 14:00 WIB

Mau Langsing? Olahraga Dulu, Baru Diet

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian menyebutkan, kunci untuk langsing dimulai dengan kebiasaan olahraga teratur, lalu diikuti dengan diet atau makan sehat. Penelitian dari Stanford University School of Medicine ini dipimpin oleh Profesor Abby Raja.

Setidaknya 200 responden berusia 45 tahun ke atas terlibat dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi empat kelompok. Anggota kelompok pertama diminta untuk mengubah pola makan dan kebiasaan olahraga secara bersamaan. Kelompok kedua membuat perubahan dengan diet terlebih dahulu, lalu kelompok ketika melakukan olahraga terlebih dahulu, sementara kelompok terakhir tidak membuat perubahan apa pun.

Hasil terbaik dirasakan oleh kelompok ketiga. Mereka berhasil turun tipis namun masih mampu mempertahankan kebiasaan sehat sampai akhir.

Sementara, seperti ditulis Toronto Sun, kelompok yang mencoba melakukan olahraga dan diet bersamaan cenderung berhenti di tengah-tengah proses. Sedangkan kelompok kedua, tetap diet tapi dianggap kurang aktivitas fisiknya. Hasil penelitian tersebut dilaporkan dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine.

Kuncinya, olahraga!