Find Us On Social Media :

Bumbu dan Rempah, Bantu Kurangi Konsumsi Gula, Lemak dan Garam yang Berbahaya

By Ade Sulaeman, Senin, 17 Februari 2014 | 12:30 WIB

Bumbu dan Rempah, Bantu Kurangi Konsumsi Gula, Lemak dan Garam yang Berbahaya

Intisari-Online.com - Mengurangi konsumsi garam, gula, dan lemak dalam menu harian Anda memang tidak mudah, ya. Apalagi untuk masyarakat Indonesia yang terbiasa mengkonsumsi hidangan berlemak dan asin (makanan padang, manado, batak, dan lainnya).

Kabar baiknya, ada solusi untuk mengganti kehadiran gula, lemak, dan garam. Yakni, bumbu dan rempah-rempah.

Herbal dan rempah-rempah tidak hanya menambah rasa makanan tanpa kalori tambahan. Menurut berbagai jurnal medis seperti Current Medicinal Chemistry, Journal of Nutritional Biochemistry, dan Current Cardiology, bumbu ini juga mengandung senyawa yang dapat mengurangi gejala tertentu atau mencegah penyakit.

Sebut saja, bawang putih, kemangi, jintan hitam, cengkeh, kayu manis, thyme, jahe, daun salam, mustard, dan rosemary. Semuanya memiliki sifat obat dan terapi.

Gunakan setiap hari

Menggunakan herbal dan rempah-rempah tidak berarti Anda harus membuat makanan yang rumit. Anda cukup menambahkan bumbu ini pada menu masakan sederhana sehari-hari.

Misalnya, dengan mencampur cacahan bawang putih, basil, minyak zaitun, dan jus lemon sebagai dressing salad buatan sendiri.

Daun ketumbar, daun bawang, mint atau kemangi pada salad atau sandwich. Kayu manis dan pala pada oatmeal atau roti panggang. Peterseli dan daun bawang ke dalam orak-arik telur.

Perhatikan saat membeli dan menyimpan

Tumbuhan rempah-rempah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Jika Anda berniat ingin menanamnya di halaman rumah, itu akan sangat bagus sekali. Karena, salah satu pengolahan rempah-rempah yang baik adalah ketika mereka masih dalam kondisi yang segar.

Jika Anda membelinya di tukang sayur atau swalayan, pilihlah rempah yang memiliki aroma kuat, bebas dari serangga, tidak layu, berjamur, atau berlendir.

Untuk memperpanjang usia rempah-rempah, bungkus batangnya dalam handuk atau kertas basah dan tempatkan di kantong plastik di dalam lemari es. Pastikan untuk mencuci sebelumnya disimpan atau digunakan.