Find Us On Social Media :

Bangun Lebih Pagi Bikin Tubuh Ramping

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 25 Februari 2017 | 06:00 WIB

Bangun Lebih Pagi Bikin Tubuh Ramping

Intisari-Online.com – Anda kesulitan bangun pagi? Ketahuilah, bahwa menurut sebuah penelitian, bangun lebih pagi ternyata dapat membuat tubuh lebih ramping. Juga tubuh lebih sehat, merasa bahagia, dan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Roehampton, Inggris, ini melibatkan 1.086 orang dewasa. Mereka diberi pertanyaan tentang tingkat kebahagiaan mereka dan kecemasan terkait dengan kesehatan fisik, termasuk kebiasaan makan dan tidur.

Dari hasil survei diketahui bahwa ada dua kelompok, yaitu “orang pagi” dan “orang malam”. Kelompok yang termasuk “orang pagi” adalah mereka yang rata-rata bagun sekitar pukul 06.57, sedangkan “orang malam” cenderung  menunggu sampai 08.54 untuk memulai hari.

Pada akhir pekan, kedua kelompok menikmati sekitar satu jam ekstra untuk tidur. Untuk “orang pagi” sampai sekitar 07.47 dan “orang malam” bangun pukul 10.09.

“Orang-orang yang bangun pagi cenderung lebih sehat, lebih bahagia, dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah,” kata Dr. Joerg Huber, seperti dikutip Daily Mail.

Bagi Anda yang termasuk sebagai “orang malam” menurut Huber, sebenarnya juga memiliki unggulan. Biasanya mereka tidak mengalami masalah ketika harus bekerja larut malam. Survei tersebut juga menemukan bahwa orang yang menonton televisi dalam waktu lama lebih mungkin melewatkan sarapan. Mungkin karena mereka makan makanan kecil ketika menonton televisi di malam hari sehingga tidak terlalu lapar di pagi hari.