Find Us On Social Media :

Inilah yang Terjadi Jika Anda Olahraga Berlebihan (2)

By Ade Sulaeman, Selasa, 6 Mei 2014 | 08:00 WIB

Inilah yang Terjadi Jika Anda Olahraga Berlebihan (2)

Intisari-Online.com - Olahraga memang penting untuk memelihara tubuh agar tetap sehat. Tetapi, alih-alih membuat tubuh senantiasa bugar, olahraga berlebihan justru berisiko bagi tubuh. Apa tanda-tandanya apabila kita berolahraga terlalu sering alias overtraining?

(Baca juga: Hindari Olahraga Berlebih)

4. Kepribadian berubah

Latihan fisik yang berlebihan bisa mengakibatkan seseorang mengalami perubahan secara emosional. Yang seringkali terjadi adalah perubahan kepribadian menjadi lebih agresif serta cenderung menunjukkan gejala depresi seperti mudah tersinggung, cemas berlebihan, serta kehilangan minat untuk melakoni hobi.

5. Kehilangan motivasi olahraga

Wajar saja apabila Anda sesekali kehilangan motivasi untuk pergi berolahraga di gym. Tetapi, lain ceritanya jika sebelumnya kehidupan Anda berkisar di seputar gym, lalu mendadak Anda kehilangan minat sama sekali untuk menginjakkan kaki ke tempat tersebut. Jika ini yang terjadi, maka disaranakan Anda untuk “mengambil cuti” selama seminggu penuh dari kegiatan di gym.

6. Siklus menstruasi terganggu

Siklus menstruasi yang terhenti (amenore) adalah suatu kondisi yang kerap kali dialami oleh atlet perempuan, akibat porsi latihan yang berat. Olahraga berlebihan bisa mengakibatkan menurunnya jumlah lemak tubuh secara drastis dan meningkatnya kadar hormon estrogen secara berlebihan. Akibatnya, siklus menstruasi menjadi terhenti untuk sementara waktu.Dampak lain dari olahraga berlebihan dapat Anda temukan pada tautan ini. (Nayu Novita/Turi Miasih/chicmagz.com)