Find Us On Social Media :

Menjaga Nutrisi Sayuran Saat Dimasak

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 6 Oktober 2011 | 06:00 WIB

Menjaga Nutrisi Sayuran Saat Dimasak

Intisari-Online.com – Banyak nutrisi yang diperoleh dari sayuran, namun tidak semua sayuran bisa dimasak. Bila merebus sayuran dalam panci, sebenarnya ada nutrisi penting di dalamnya yang hilang ketika dimasak. Ini juga bisa memicu hilangnya vitamin C dan asam folat.

Ada lima cara memasak sayuran tetapi pada saat yang sama tetap terjaga nutrisi di dalamnya.

  1. Kulit atau sayuran daunKebanyakan vitamin dan gizi dalam sayuran ditemukan pada kulitnya atau bagian luar daun. Karena sayuran kebanyakan mengandung vitamin yang larut air, cobalah untuk mencuci sayuran dengan sikat lembut dan sedikit air. Ini tidak akan merusak sayuran seperti kentang dan wortel, karena vitamin yang terkandung dalam kedua bahan tersebut tetap utuh.
  2. MengukusIngat, Anda ingin memasak sayur secepat mungkin, dan dengan sedikit air untuk menjaga nutrisi yang ada. Anda dapat mengukus sayuran atau dimasukkan ke dalam microwave. Jika tidak memiliki alat pengukus, masukkan saja sedikit air dalam panci untuk merebus sayuran. Memasak sayuran dengan waktu singkat bukan hanya menjaga nutrisinya, tapi warna sayuran tersebut tetap segar.
  3. PemotonganPotong sayuran dalam potongan besar. Ini akan membantu mengurangi hilangnya vitamin, karena hanya beberapa permukaan saja yang terkena saat dikukus. Jika memungkinkan, rebus kentang dengan kulitnya untuk mencegah hilangnya kandungan kalium.
  4. Lamanya memasakMemasak sayuran seperti brokoli, buncis, kacang polong dan asparagus harus dimasak dengan sangat cepat. Tidak seperti kentang dan wortel, yang bisa dimasak sampai matang. Memasak sayuran tadi dalam waktu lama malah akan merusak vitamin B dan C di dalamnya.
  5. Sisa rebusanSemua cairan yang tersisa dari memasak sayuran dapat digunakan kembali sebagai bahan untuk kuah sup atau kaldu sayuran. Jika tidak langsung digunakan, simpan dalam freezer. (MedicMagic)